Longsor dan Banjir Bandang Terjang Luwu Timur, Jalur Trans Sulawesi Lumpuh

Nasruddin Rubak ยท Sabtu, 15 Juni 2019 - 22:30 WIB
Longsor dan Banjir Bandang Terjang Luwu Timur, Jalur Trans Sulawesi Lumpuh

Longsor menutup akses utama Jalur Trans Sulawesi di Luwu Timur, Sulawesi Selatan. (Foto: iNews.id/Nasruddin Rubak)

LUWU TIMUR, iNews.id – Longsor dan banjir bandang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan setelah hujan deras mengguyur daerah tersebut.

Longsor mengakibatkan Jalan Trans Sulawesi yang menghubungkan Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah terputus. Arus lalu lintas pun lumpuh total hingga terjadi antrean panjang kendaraan.

Kondisi serupa juga terjadi di Jalan Trans Sulawesi Tenggara dan Tengah. Jalur tersebut ambles tergerus banjir di dua titik. Kedua akses ini jalan ini merupakan akses satu satunya penghubung antara provinsi, sehingga aktivitas kendaraan padat melintasi jalur tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Timur, Sabur mengatakan, longsor dan jalan ambles terjadi setelah hujan deras mengguyur dalam beberapa hari terakhir. “Curah hujan tinggi dan terjadi banjir, sehingga tanah di atas longsor dan menimbun jalan,” katanya, Sabtu (15/6/2019).

BACA JUGA: Banjir di Katingan, Akses Jalan Warga Menuju Pusat Kota Terputus

Untuk mengurai kemacetan lalu lintas, petugas memberlakukan sistem buka tutup di jalan yang ambles tersebut dan mengimbau kendaraan roda enam ke atas tetap waspada lantaran badan jalan terdapat kemiringan dan keretakan aspal yang dapat memicu kecelakaan. “Kita juga kerja sama dengan Dinas Perhubungan untuk mengalihkan arus kendaraan,” ucapnya.

Selain longsor dan jalan ambles, banjir bandang juga menerjang puluhan rumah di wilayah Burau. Banjir bandang disertai material lumpur menggenangi rumah-rumah warga hingga setebal 10 cm. “Banjir bandang ini terjadi Jumat malam setelah hujan deras,” kata warga Burau, Arif.


Editor : Kastolani Marzuki