Nasib Warga 3 Kecamatan di Luwu, Sebelum dan Sesudah Lebaran Dilanda Banjir

Nasruddin ยท Sabtu, 08 Juni 2019 - 14:14 WIB
Nasib Warga 3 Kecamatan di Luwu, Sebelum dan Sesudah Lebaran Dilanda Banjir

Kondisi banjir yang melanda warga di Kabupaten Luwu, Sulsel. Seminggu ini mereka sudah tiga kali kebanjiran. (Foto: iNews/Nasruddin)

LUWU, iNews.id – Hujan deras yang terus mengguyur menyebabkan banjir pada sejumlah kecamatan di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (8/6/2019). Musibah ini sudah yang ke sekian kalinya mereka alami. Di mana sebelum dan sesudah lebaran, warga harus berjibaku dengan banjir.

Pantauan iNews, bencana banjir melanda sejumlah desa di tiga kecamatan. Yakni Kecamatan Suli, Larompong dan Kecamatan Larompong. Aktivitas warga terganggu dengan kondisi yang terjadi saat ini. Beberapa bahkan telah mengungsi ke lokasi dataran yang aman karena ketinggian air terus naik.

“Seminggu ini sudah tiga kali kami dilanda banjir. Sebelumnya dua hari sebelum lebaran. Kemudian setelah lebaran, dan ini airnya belum juga surut sudah dua hari ini,” ujar Faisal, warga korban banjir, Sabtu (8/6/2019).

BACA JUGA: Lebaran Hari Kedua, Banjir Rob Landa Pemukiman Warga Belawan Lama Medan

Dia mengatakan, untuk ketinggan air di sejumlah lokasi bervariasi. Mulai dari selutut orang dewasa hingga sepinggang. Banjir ini juga membawa material lumpur ke rumah-rumah warga.

“Istri dan anaknya saya sudah mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. Sampai saat ini kami belum dapat bantuan pemerintah. Warga di sini butuh perhatian,” katanya.

Diketahui, penyebab banjir di Luwu ini disebabkan pendangkalan aliran sungai. Selain itu maraknya penggundulan lahan di area hulu juga disebut sebagai pemicu kerap terjadinya banjir bandang.


Editor : Donald Karouw