Nenek Lumpuh Dievakuasi dari Rumah Terbakar di Bone, Badannya Luka Bakar Parah

Bulan Sri Indra Maya ยท Sabtu, 09 November 2019 - 10:15 WIB
Nenek Lumpuh Dievakuasi dari Rumah Terbakar di Bone, Badannya Luka Bakar Parah

Api membakar rumah panggung di Jalan Sungai Citarum, Kelurahan Bukaka, Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat sore (8/11/2019). (Foto: iNews/Bulan Sri Indra Maya)

BONE, iNews.id – Seorang nenek lumpuh nyaris tewas terjebak dalam kebakaran yang menimpa rumah di Jalan Sungai Citarum, Kelurahan Bukaka, Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat sore (8/11/2019). Korban yang disapa Nenek Kalsum mengalami luka bakar parah di sekujur tubuh.

Proses evakuasi nenek lumpuh itu berlangsung dramatis dan direkam video amatir. Banyak yang menangis melihat kondisi korban yang mengenaskan karena sebagian besar tubuhnya melepuh. Warga menyelamatkan Nenek Kalsum dari rumah yang ludes dilalap si jago merah saat sebagian besar tubuhnya sudah dilalap api.

Warga juga tampak kesulitan membawa korban karena kondisi luka bakarnya yang parah. Bahkan, sebagian besar pakaiannya sudah habis terbakar. Warga langsung melarikan Nenek Kalsum yang luka bakar hampir di seluruh tubuh ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan intensif.

 

BACA JUGA:

Pasar Ngunut di Tulungagung Terbakar Hebat, 800 Kios Habis Dilalap Api

Kebakaran Hanguskan Kios dan Rumah di Tambora, 22 Mobil Damkar Dikerahkan

 

Informasi diperoleh, penyebab kebakaran diduga dari kompor. Pemilik rumah diduga lupa mematikan kompor usai memasak, Jumat sore. Dalam waktu singkat, rumah panggung milik Sitti Subaedah yang ditinggali bersama Nenek Kalsum, hangus dan rata dengan tanah.

Pemilik rumah tidak dapat menyelamatkan barang-barang karena api sangat cepat membakar rumah beserta perabotan dan barang-barang berharga di dalamnya. Apalagi, kedua penghuni rumah juga sudah tua.

Salah seorang warga yang bertetangga dengan pemilik rumah yang terbakar, Daeng Bau mengatakan, dia pertama kali melihat api sudah membesar saat hendak ke masjid untuk salat maghrib. Dia kaget melihat api sudah membubung tinggi.

“Saya mau ambil wudhu, saya kaget lihat api sudah besar. Saya berusaha mengumpulkan anak-anak untuk segera keluar dari rumah. Saya juga menyelamatkan barang-barang dari rumah,” kata Daeng Bau.

Warga menangis saat mengetahui kebakaran yang menimpa rumah dan salah satu penghuninya di Jalan Sungai Citarum, Kelurahan Bukaka, Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone, Sulsel, Jumat sore (8/11/2019). (Foto: iNews/Bulan Sri Indra Maya) 

 

Sementara Kepala Bidang Pengawasan Pemadam Kebakaran Pemkab Bone, Andi Akbar mengatakan, api baru dapat dipadamkan setelah lima unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan ke lokasi kejadian. Dalam waktu 30 menit, petugas berhasil memadamkan api.

“Karena kami kerja cepat dan dibantu masyarakat, api cepat dipadamkan tadi,” ujarnya.

Andi membenarkan, dalam kejadian tersebut, seorang nenek mengalami luka bakar parah. Sementara kerugian yang dialami pemilik rumah akibat kebakaran ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.


Editor : Maria Christina