Perahu Nelayan Bawa 21 Penumpang Tenggelam di Teluk Bone, 1 Orang Tewas

Bulan Sri Indra Maya ยท Kamis, 03 Oktober 2019 - 13:57 WIB
Perahu Nelayan Bawa 21 Penumpang Tenggelam di Teluk Bone, 1 Orang Tewas

Perahu nelayan yang tenggelam di Pulau Bone. (Foto: iNews/Bulan Sri Indra Maya)

BONE, iNews.id – Kecelakaan laut terjadi di Perairan Teluk Bone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel). Perahu nelayan KMN Zam Zam yang membawa 21 penumpang terbalik sekitar 1 mil dari Dermaga Bajoe. Dalam peristiwa ini, satu orang tewas dan lainnya mendapat perawatan.

Informasi yang dirangkum iNews, peristiwa ini berawal saat warga Bene, Kelurahan Lonrae, Kecamatan Tanete Riattang Timur, ingin menjajal perahu baru milik pasangan suami istri Yandu dan Anti. Seusai acara syukuran perahu baru, warga kemudian berlayar hingga terjadi petaka tersebut.

Korban meninggal yakni bernama Kamba, warga setempat. Nyawanya tidak tertolong akibat menelan air laut bercampur tumpahan solar dari perahu tenggelam. Korban meninggal setelah sempat dievakuasi nelayan setempat di Kantor Kesehatan Pelabuhan.

BACA JUGA: SAR Manokwari Bantu Cari 9 Penumpang Perahu Tenggelam di Perairan Numfor Papua

“Jadi kami lagi ingin jalan-jalan sekalian jajal perahu baru. Saat berputar untuk kembali ke dermaga, perahu terbalik dan tenggelam,” ujar Marda, salah satu korban selamat, Kamis (3/10/2019).

Saat kejadian di lokasi ada sejumlah perahu nelayan yang melihat kejadian. Mereka langsung memberikan pertolongan dan mengevakuasi para korban ke dermaga.

“Untuk penyebab tenggelamnya kapal masih diselidiki. Bisa disebabkan faktor alam sepeti angin yang kencang saat kejadian, maupun dugaan kelebihan kapasitas karena ukuran perahunya kecil dan membawa 21 penumpang,” kata Kepala Basarnas Bone Andi Sultan.


Editor : Donald Karouw