Posting Status Hasutan soal People Power, Honorer Dinsos di Makassar Ditangkap

Wahyu Ruslan ยท Sabtu, 18 Mei 2019 - 01:15 WIB
Posting Status Hasutan soal People Power, Honorer Dinsos di Makassar Ditangkap

Honorer Dinsos Pemprov Sulsel, Muhammad Aufar Afdillah ditangkap polisi lantaran mengunggah status hasutan people power di media sosial. (Foto: iNews.id/Wahyu Ruslan)

MAKASSAR, iNews.id - Tenaga honorer di Dinas Sosial Pemprov Sulsel ditangkap tim Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) di Jalan Raya Adiyaksa II, Kecamatan Panakukkang, Kota Makassar.

Pelaku yang diketahui bernama Muhammad Aufar Afdillah (29) itu ditangkap lantaran menyebarkan ujaran kebencian melalui akun Facebooknya.

Kabud Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, pengungkapan ujaran kebencian di medsos ini dilakukan petugas setelah personel tim Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Sulsel melakukan patroli siber dan melacak akun pelaku.


Dalam unggahannya, pelaku menulis mengenai ajakan people power pada 22 Mei 2019 dengan konten “Kami tidak perlu capek menunggu kesiapan KPU karna semua juga pun sia-sia. Karna kami jauh lebih siap untuk people power tanggal 20-22 Mei 2019. Diperkirakan memakan 200 korban jiwa nanti”. 

“Dari hasil pemeriksaan, diketahui tersangka menyebarkan ujaran kebencian di media sosial dalam keadaan sadar untuk mengeluarkan unek-unek pribadinya,” kata Dicky, Jumat (17/5/2019).

BACA JUGA: Tulis Status Provokatif soal People Power, Oknum Dosen di Bandung Ditangkap

Selain mengamankan tersangka, petugas juga menyita sejumlah barang bukti  berupa satu unit handphone, satu unit laptop, dan screenshoot postingan berita dalam akun Facebook pelaku.



Atas perbuatanya, tersangka disangkakan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) Pasal 45 a ayat 2 juncto Pasal 28 ayat 2 dengan ancaman paling lama enam tahun dan denda Rp1 miliar.

Pengungkapan dan penangkapan pelaku ujaran kebencian ini merupakan kasus yang kedua kalinya ditangani Polda Sulsel.


Editor : Kastolani Marzuki