Ribuan Pemudik Padati Pelabuhan Makassar Sulsel

Leo Muhammad Nur ยท Sabtu, 01 Juni 2019 - 09:05 WIB
Ribuan Pemudik Padati Pelabuhan Makassar Sulsel

Para pemudik memadati Pelabuhan Makassar, Sulsel, Jumat malam (31/5/2019). (Foto: iNews/Leo Muhammad Nur)

MAKASSAR, iNews.id – Ribuan pemudik dari berbagai daerah memenuhi Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Mereka berebut keluar ruang tunggu terminal untuk selanjutnya naik ke kapal yang akan mengangkut ke kampung halaman masing-masing.

Dari informasi diperoleh, ada lima kapal laut milik PT Pelni yang yang bersandar di Pelabuhan Makassar, Jumat malam (1/6/2019), untuk mengangkut para pemudik. Kapal tersebut, yakni KM Sinabung, KM Tilong Kabila, MK Dorlonda, KM Ciremai, dan KM Lambelu.

Kelima kapal milik PT Pelni yang bersandar di dermaga Pelabuhan Makassar itu juga membawa pemudik dari berbagai daerah seperti Bau-bau, Papua, Maluku, Surabaya, dan Bima. Selanjutnya, kapal akan mengangkut kembali ribuan pemudik yang sudah menunggu di Pelabuhan Makassar.

BACA JUGA:

Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan Diperkirakan Hari Ini

One Way Ditutup, Arus Lalin di Tol Palikanci dan Pantura Pemalang Merayap

Kepala Cabang PT Pelni Cabang Makassar Ridwan Mandaliko mengatakan, kelima kapal tersebut mengangkut sedikitnya 9.761 orang penumpang. Ini termasuk penumpang yang turun di Pelabuhan Makassar dan naik melalui Pelabuhan Makassar, serta penumpang lanjutan dari lima kapal milik PT Pelni tersebut.

“Rinciannya, jumlah penumpang lanjutan dan yang naik yakni 4.225 pemudik. Sementara penumpang yang turun dan lanjutan melalui Pelabuhan Makassar sebanyak 5.536 pemudik sehingga total 9.761 pemudik,” kata Ridwan.

Ridwan mengatakan, arus mudik melalui Pelabuhan Makassar tersebut diperkirakan masih akan terus bertambah hari ini, Sabtu (1/6/2019)) dan besok Minggu (2/6/2019). Hal ini mengingat beberapa hari menjelang Hari Raya Idul Fitri, masih ada beberapa kapal lain dari 14 kapal milik PT Pelni Cabang Makassar dikerahkan untuk mengangkut pemudik yang akan bersandar di Pelabuhan Makassar.

Jumlah pemudik yang meningkat signifikan melalui Pelabuhan Makassar tersebut juga dipengaruhi harga tiket pesawat yang masih tinggi. Banyak pemudik akhirnya memilih jalur laut untuk pulang kampung karena harga tiket lebih terjangkau.


Editor : Maria Christina