Sakit hingga Muntah Darah, Anggota KPPS Perempuan di Gowa Meninggal

Sindonews ยท Minggu, 12 Mei 2019 - 08:32 WIB
Sakit hingga Muntah Darah, Anggota KPPS Perempuan di Gowa Meninggal

Almarhumah Neneng Kharisma (22) anggota KPPS asal Gowa yang meninggal. (Foto: Istimewa)

SUNGGUMINASA, iNews.id – Neneng Kharisma (22) mengembuskan napas terakhir Jumat (10/5/2019) pukul 23.31 Wita. Perempuan muda yang menjadi anggota KPPS di TPS 004, Desa Julukanaya, Kecamatan Biringbulu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), tutup usia setelah jatuh sakit usai bertugas saat pencoblosan Pemilu 2019.

Neneng merupakan seorang tenaga bidan pada Puskesmas Lauwa (non ASN) serta pengurus HIPMA Komisariat Biringbulu. Dia sakit hingga muntah darah saat sedang merekap perhitungan suara yang menjadi tanggung jawabnya pada Kamis (18/4/2019).

Atas peristiwa ini, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gowa Muhtar Muis pun turut merasakan duka yang dialami keluarga. Dia juga membenarkan jika almarhumah sempat mengalami muntah darah saat bertugas.

BACA JUGA: Pasca-Pemilu, 6 Petugas KPPS di Sumbar Meninggal

"Kami dari pihak KPU mengucapkan duka yang mendalam. Semoga Almarhumah mendapat tempat yang layak," ujarnya, Sabtu (11/5/2019).

Kematian Neneng menambah daftar petugas KPPS yang gugur dalam bertugas. Sebelumnya, seorang anggota KPPS di TPS 11 Desa Datara, Kecamatan Tompobulu juga meninggal. Almarhum Jamaluddin (55) berpulang pada 4 Mei 2019 pukul 09.05 Wita. Dia sempat menjalani perawatan selama dua hari di Puskesmas Tompobulu, kemudian dirujuk ke RS Jeneponto hingga akhirnya meninggal.

Data yang diperoleh, selain 2 KPPS yang meninggal, terdapat 110 lain anggota lainnya yang jatuh sakit selama pelaksanaan pemilu di Gowa. Salah satunya Hanny, anggota PPK bagian data Kecamatan Bontomarannu yang sempat pingsan disela rekap suara di tingkat PPK. Hanny sempat drop selama tiga hari, namun kini kondisinya telah membaik.


Editor : Donald Karouw