Tertimbun Longsor, Aktivitas Sekolah di Tana Toraja Lumpuh

Jufri Tonapa ยท Selasa, 07 Mei 2019 - 13:06 WIB
Tertimbun Longsor, Aktivitas Sekolah di Tana Toraja Lumpuh

Longsor menimbun SMPN 10 Saluputti di Tana Toraja. (Foto: iNews/Jufri Tonapa).

TORAJA, iNews.id - Sebuah bangun sekolah di Kabupatan Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel), porak-poranda setelah diterjang longsor. Akibatnya proses belajar mengajar lumpuh, karena ruangan kelas rusak parah.

Intensitas curah hujan yang meningkat menyebabkan tebing di Lembang Kayu Osing, Kecamatan Rembon dan menerjang bangunan sekolah di SMPN 10 Saluputti.

"Ini karena longsor, banjir di atas membuat tanah di bagian tebing longsor," kata seorang guru, Dharma Putra, di SMPN 10 Saluputti, Selasa (7/5/2019).

BACA JUGA: Tebing 200 Meter Longsor Timbun Seorang Nenek di Tasikmalaya

Dia berharap, pemerintah bisa hadir dalam proses perbaikan sekolah ini. Karena SMP negeri di Kabupaten Tana Toraja ini memang sangat membutuhkan bantuan dari pemerintah. Selain itu, banyak fasilitas yang memang sudah rusak.

Longsor yang menerjang bangunan sekolah tersebut membuat ruang kelas yang dijadikan tempat proses belajar mengajar ratusan siswa tidak dapat digunakan material longsor bercampur lumpur masih berserakan.

BACA JUGA: Ibu dan Bayi 6 Bulan Korban Longsor Kotabaru Dievakuasi Meninggal

"Anak-anak yang bersekolah di sini, jumlahnya mencapai ratusan, sehingga kondisi sekolah haus ditanggulangi segera," ujar dia.

Longsor yang menerjang badan bangunan sekolah merusakkan bagian dinding jendela atap dan kursi serta meja yang rusak terkena material longsor hingga kedalam ruangan kelas.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal