Viral Banjir Air Mata saat Wisuda di Universitas Cokroaminoto Palopo

Dony Aprian ยท Jumat, 09 November 2018 - 20:34 WIB
Viral Banjir Air Mata saat Wisuda di Universitas Cokroaminoto Palopo

Salah satu rekaman gambar momen video viral saat prosesi wisuda di Universitas Cokroaminoto Palopo. (Foto: Facebook)

JAKARTA, iNews.id – “Di matamu masih tersimpan selaksa peristiwa. Benturan dan hempasan terpahat di keningmu. Kau nampak tua dan lelah, keringat mengucur deras. Namun kau tetap tabah hmmm...” sepenggal bait lagu Titip Rindu Buat Ayah yang dipopulerkan Ebiet G Ade itu melantun hangat di tengah ratusan wisudawan dan wisudawati Universitas Cokroaminoto Palopo periode III Tahun 2018 pada 28 Oktober 2018 silam.

Video pendek berdurasi beberapa menit itu viral di media sosial (medsos) dalam beberapa hari terakhir. Warganet ikut berlinang air mata saat menyaksikan Ketua Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah Sulawesi Prof Dr Jasruddin Mahende tampil menyanyikan lagu yang menggugah hati dengan latar ayah dan anak yang terharu usai upacara wisuda.

Prof Dr Jasruddin Mahende menceritakan, kejadian yang terekam kamera dan viral itu berlangsung secara spontan saat dirinya memberikan sambutan dalam memotivasi serta mengubah paradigma mahasiswa lulusan program magister dan sarjana.


“Saat itu saya dimintakan untuk menyumbang lagu. Kebetulan Rektor Universitas Cokroaminoto Palopo senior saya, begitu pun dengan dekan-dekan yang masih teman saya. Saya pun terpikir lagu Titip Rindu Buat Ayah. Ini memang lagu kesukaan saya,” kata Jasruddin saat dihubungi iNews.id, Jumat (9/11/2018).

Dia mengaku ikut terbawa suasana dan terkenang akan almarhum ayahnya. Saat itu dia berjalan perlahan untuk mencari sosok ayah lainnya yang ikut hadir dalam wisuda tersebut. Dia mendekati dan memegang tangan salah satu orang tua dari wisudawan dan mengantarnya berjalan ke depan.

Momen inilah yang menyentuh saat dirinya menyandarkan kepala ke bahu orang tua tersebut seraya menanyakan mahasiswa yang menjadi anak dari bapak tersebut. Dan disinilah, momen penuh haru pun terjadi, sang anak mahasiswi datang ke depan dan langsung memeluk erat orang tuanya.

Tak kuasa menahan sedih dan rasa bangga, mahasiswi itu pun pingsan hingga harus dibantu sejumlah orang untuk didudukan. Sementara orang tuanya, mendapat sambutan hangat dari para dekan dan Rektor Universitas Cokroaminoto Palopo Prof Drs Hanafi Mahtika.

Video pendek yang viral ini mengisahkan realita perjuangan dan kasih sayang orang tua kepada anak dan telah menginsprasi banyak orang. Para warganet mengaku bukan hanya terharu, namun kembali mengingat kembali akan sosok ayah. Sosok yang totalitas hidupnya demi untuk kebahagian anak-anak dan keluarganya.


Editor : Donald Karouw