Viral, Video Wakil Bupati Luwu Timur Sidak dan Tegur Petugas SPBU

Nasruddin Rubak ยท Sabtu, 24 November 2018 - 19:08 WIB
Viral, Video Wakil Bupati Luwu Timur Sidak dan Tegur Petugas SPBU

Wabup Luwu Timur Irwan Bahri Syam menanyakan izin yang dimiliki pemilik jeriken mengisi BBM di salah satu SPBU di Kabupaten Luwu Timur, Sulsel. (Foto: iNews/Nasruddin Rubak)

LUWU TIMUR, iNews.id – Video Wakil Bupati (Wabup) Luwu Timur, Irwan Bahri Syam saat inspeksi mendadak (sidak) di SPBU di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (24/11/2018) pagi tadi, viral di media sosial. Irwan menegur para petugas SPBU karena mengutamakan pelayanan pengisian jeriken sehingga terjadi antrean panjang kendaraan.

Dalam sidak, terlihat antrean panjang kendaraan, baik sepeda motor dan mobil. Sementara para petugas SPBU sibuk mengisi BBM dalam jeriken tanpa mengindahkan para pengantre. Pemandangan ini membuat Irwan geram. Dia meminta SPBU mengutamakan melayani para pengendara yang sudah lama mengantre.

Menurut Wabup Luwu Timur, dia menerima banyak laporan mengenai SPBU yang dinilai melakukan hal curang dengan mengutamakan pelayanan jeriken. Hal ini terjadi akibat kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) jenis premium sejak sepekan terakhir.

BACA JUGA:

Curangi Konsumen, 2 SPBU di Bandung Pakai Alat Manipulasi Takaran BBM

Premium Langka di Ambon, Kendaraan Antre di SPBU

Sejumlah warga mengatakan, pengisian BBM diduga dilakukan petugas SPBU nakal karena kerap mendapat suap dengan jumlah tertentu dari para pemilik jeriken. BBM bersubsidi yang diisi ke dalam jeriken tersebut kebanyakan dijual eceran dengan harga lebih mahal.

Sementara para petugas SPBU berdalih pengisian ini dilakukan karena para pemilik jeriken sudah mengantongi izin dari pemerintah setempat. Namun, saat wabup meminta menunjukkan surat izin, hanya ada satu pemilik jeriken memiliki izin. Pemilik yang juga nelayan tersebut mengantongi izin pengisian BBM untuk melaut. Sementara yang lain tidak memiliki izin.

“Sekarang ada enggak izinnya. Mana buktinya. Kasihan orang menunggu sampai berapa jauh itu,“ kata Irwan.

Salah seorang warga yang mengisi BBM dalam jeriken dan jumlahnya banyak sempat menjawab, BBM itu untuk para nelayan. “Bagaimana pak untuk yang punya kapal di pesisir kalau tidak mengisi BBM di jeriken ini,” ujarnya.

“Yang penting diatur porsinya. Kalau diatur tidak ada masalah. Yang jadi soal, sekarang yang mengisi BBM di sini kebanyakan pedagang eceran, orang-orang sedang butuh BBM. Pedagang-pedagang eceran sebenarnya nggak boleh dapat itu,” ujar Irwan.

Wabup juga sempat menemui para pengendara yang antre. Mereka lantas mengadukan antrean di SPBU beberapa hari terakhir. Salah satunya menyebutkan, antrean itu karena banyaknya pembeli dengan banyak jeriken.

“Kalau jerikennya nggak diisi pak, teratasi ini (antrean). Ini gara-gara jerikennya itu pak, ratusan itu,“ kata salah seorang warga yang antre di SPBU.

Video sidak ini akhirnya viral di dunia maya setelah diunggah oleh asisten pribadi wabup Luwu Timur. Video ini mendapat banyak tanggapn dari masyarakat. Mereka umumnya memberikan dukungan kepada wabup Luwu Timur yang menegur SPBU-SPBU yang lebih memprioritaskan pelayanan penjualan BBM pada pemilik jeriken.


Editor : Maria Christina