Padang Diguncang Gempa 4,2 SR, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Antara ยท Kamis, 26 Juli 2018 - 18:42 WIB
Padang Diguncang Gempa 4,2 SR, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Gempa bumi berkekuatan 4,2 SR mengguncang Padang, Sumatera Barat, Kamis (26/7/2018). (Foto: ilustrasi)

PADANG, iNews.id - Warga Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) dikagetkan dengan guncangan gempa berkekuatan 4,2 pada Skala Richter (SR) yang berpusat di Kepulauan Mentawai, sekitar pukul 17.34 WIB, Kamis (26/7/2018). Mereka menyelamatkan diri dengan berhamburan keluar rumah untuk menghindari tertimpa reruntuhan bangunan.

"Saya tadi sedang berada di dalam kantor, terasa guncangan dan kaca bergetar, kemudian langsung lari keluar bangunan," kata salah seorang warga Padang Yadrison (37).

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa tersebut berpusat 100 kilometer (km) Tenggara Kabupaten Kepulauan Mentawai, dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa bumi yang menguncang di daerah berjuluk kota bengkuang tersebut tidak berpotensi tsunami.

BACA JUGAGempa Bumi 5,4 SR di Mentawai, Kegetkan Warga Padang

Sementara pada Sabtu (21/7), terjadi beberapa kali gempa bumi yang berpusat di Mentawai dan Kabupaten Solok, Sumbar. Gempa Sabtu dini hari yang berpusat di Mentawai berkekuatan 5,2 SR. Kemudian pada hari yang sama kembali terjadi gempa berkekuatan 5,5 SR yang berpusat di Kabupaten Solok.

Gempa menguncang Solok tersebut menyebabkan satu orang meninggal dunia tertimpa bangunan, selain merusak sejumlah rumah dan fasilitas umum di kabupaten itu.

Getaran gempa cukup kuat sehingga dirasakan di wilayah Kota Padang. Yulisman, warga Kelurahan Alang Laweh Kota Padang, menyatakan cukup kaget saat merasakan getaran gempa pada dini hari tersebut.

"Kami sekeluarga terbangun dari tidur, dan langsung keluar rumah saat merasakan getaran gempa itu," katanya.


Editor : Kastolani Marzuki