2 Pelajar Tenggelam di Sungai Baliang Padang, 1 Ditemukan Tewas

Budi Sunandar ยท Sabtu, 24 November 2018 - 21:38 WIB
2 Pelajar Tenggelam di Sungai Baliang Padang, 1 Ditemukan Tewas

Tim gabungan mengevakuasi jenazah pelajar yang tenggelam di Sungai Baliang, Kota Padang, Sumbar, ke RS Bhayangkara, Sabtu (24/11/2018).(Foto: iNews/Budi Sunandar)

PADANG, iNews.id – Dua pelajar tenggelam di kawasan wisata pemandian Sungai Baliang, Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu petang (24/11/2018). Satu di antaranya tewas terseret arus sungai dan seorang lagi selamat.

Proses evakuasi korban pun berlangsung dramatis. Korban bernama Andika Ramadhan, pelajar kelas 3 Madrasah Tsanawiyah Ijtidak Iyah, Lubuk Begalung, Kota Padang, baru ditemukan setelah 1,5 jam tenggelam dalam kondisi tidak sadarkan diri.

Warga dan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang berusaha memberikan pertolongan pertama dengan cara melakukan CPR (Cardiopulmonary resuscitation) dan pemberian napas buatan kepada korban tenggelam. Namun, usaha tersebut tidak membuahkan hasil.

BACA JUGA:

Terpeleset saat Mancing, Pria 40 Tahun Tenggelam di Bengawan Solo

Ikut Reuni SMA Ibunya di Jambi, 2 Bocah Tewas Tenggelam di Kolam

Tim Evakuasi Regu A BPBD Kota Padang Achiarly Effendi mengatakan, mereka baru meneria laporan dari warga, 30 menit setelah korban tenggelam. Dari informasi yang mereka peroleh, korban bersama kelima temannya bermain di Sungai Baliang. Korban dan seorang temannya tenggelam. Namun, teman korban berhasil menyelamatkan diri sedangkan korban tertarik pusaran air.

“Yang satu sempat menyelamatkan diri. Korban tenggelam karena ada pusaran air di bawah yang menarik korban. Temannya itu sempat membantu menarik tangannya. Tapi, karena arus pusaran air yang kuat, korban akhirnya tenggelam,” katanya.

Pencarian korban melibatkan tim gabungan dari BPBD Kota Padang, TRC Semen Padang dan warga setempat. Setelah 1,5 jam melakukan pencarian, korban ditemukan. Tim sempat berusaha memberikan pertolongan pertama, namun tak berhasil.

“Korban ditemukan sudah tidak bernyawa. Kami langsung mengevakuasi jenazah korban ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda Sumbar dan telah diserahkan pada keluarga,” ujar Achiarly Effendi.


Editor : Maria Christina