Gempa 5,6 SR Guncang Mentawai, Warga Berhamburan Menyelamatkan Diri

Kastolani ยท Minggu, 05 Agustus 2018 - 16:59 WIB
Gempa 5,6 SR Guncang Mentawai, Warga Berhamburan Menyelamatkan Diri

Gempa berkekuatan 5,6 SR mengguncang Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. (Foto: ilustrasi)

JAKARTA, iNews.id - Gempa berkekuatan 5,6 Skala Richter (SR) mengguncang Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar), Minggu (5/8/2018) sekitar pukul 15.56 WIB.

Dari data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa tersebut berlokasi di Mentawai tepatnya  38 kilometer  barat daya Kepulauan Mentawai dengan posisi 2,33 Lintang Selatan dan 99,41 Bujur Timur dengan kedalaman 22 kilometer dan tidak berpotensi tsunami.

Getaran gempa cukup kuat dirasakan warga Mentawai selama 1-2 detik. Mereka kemudian berhamburan keluar rumah menyelamatkan diri.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mentawai masih melakukan pendataan di lapangan untuk memastikan ada tidaknya korban luka maupun jiwa dan kerusakan bangunan akibat gempa tersebut. Namun, Pusdalops BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai, Yunardi Wanto hingga saat ini belum bisa dihubungi.


BACA JUGA:


Padang Diguncang Gempa 4,2 SR, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Gempa Bumi 5,4 SR di Mentawai, Kegetkan Warga Padang


Dari data diperoleh iNews.id, dalam dua pekan terakhir gempa berkekuatan antara 4-5 SR terus mengguncang Kepulauan Mentawai. Bahkan, getaran gempa dirasakan hingga ke kota lainnya. Seperti yang terjadi pada Sabtu (21/7/2018) lalu.



Editor : Kastolani Marzuki