5 Terduga Teroris Jaringan JAD Diamankan Densus 88 di Sumbar

Budi Sunandar ยท Senin, 13 Agustus 2018 - 19:45 WIB
5 Terduga Teroris Jaringan JAD Diamankan Densus 88 di Sumbar

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Syamsi memberikan keterangan mengenai penangkapan lima terduga teroris oleh Densus 88 di Sumbar. (Foto: iNews/Budi Sunandar)

PADANG, iNews.id – Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri yang menggeledah sejumlah lokasi di Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Senin (13/8/2018) pagi, ternyata sudah mengamankan lima terduga teroris. Sebelumnya diberitakan baru satu yang diamankan. Kelimanya diduga terkait dengan Jaringan Ansharut Daulah (JAD).

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Syamsi dalam keterangan persnya di Mapolda Sumbar memaparkan, Densus 88 bersama Polda Sumbar mengamakan lima terduga teroris pada Senin pagi. Tiga orang di antaranya diamankan di wilayah Padang dan dua orang di wilayah Bukittinggi dan Payakumbuh.

“Jadi, informasi penangkapan yang dilakukan Densus 88, itu betu. Hari ini, Tim Densus 88 dengan di-backup oleh Polda Sumbar telah menangkap lima orang yang diduga terlibat dengan jaringan JAD,” kata Syamsi.


BACA JUGA:

Cari Terduga Teroris dari 2 Rumah di Padang, Densus 88 Amankan 1 Orang

Densus 88 Gerebek Rumah Warga di Palangkaraya, 1 Orang Diamankan

Syamsi mengatakan, khusus di wilayah Padang, Densus menangkap satu orang di daerah Kuranji satu orang. Selanjutnya, tim mengamankan dua orang di daerah Bungus, Teluk Kabung.

“Di daerah Bungus dilakukan pada saat dua orang tadi baru pulang dari Mentawai. Begitu mereka tiba di Padang, Densus 88 kemudian melakukan penangkapan,” paparnya, Senin (13/8/2018).

Kelima terduga teroris itu diduga jaringan JAD yang sudah lama beroperasi di wilayah Sumbar. Tiga terduga teroris yang diamankan di wilayah Kota Padang masing-masing berinisial ES, M, dan W. Ketiganya sehari-hari berprofesi sebagai penjual garam. Namun, dua terduga teroris lainnya belum diketahui. Kelima tersangka kini diamankan di Mako Brimob Polda Sumbar sebelum diterbangkan ke Jakarta.

Hingga saat ini belum diketahui target dari kelima terduga teroris. Dari sejumlah TKP, Tim Densus 88 mengamankan sejumlah barang bukti berupa dua unit senjata api laras panjang jenis senapan angin serta buku jihad, sebuah parang, periuk, dan barang bukti lainnya.

“Targetnya terduga teroris ini belum tahu karena kan masih didalami oleh Densus 88. Setelah ditangkap Densus 88 langsung dibawa untuk pengembangan lebih lanjut. Jadi kami belum tahu apa hasilnya,” papar Syamsi.


Editor : Maria Christina