7 Parpol Ajukan Gugatan ke Bawaslu Sumbar Soal Penetapan DCS

Antara ยท Senin, 20 Agustus 2018 - 22:03 WIB
7 Parpol Ajukan Gugatan ke Bawaslu Sumbar Soal Penetapan DCS

Ilustrasi daftar calon anggota legislatif sementara (DCS) DPRD. (Foto: Sindonews)

PADANG, iNews.id – Tujuh partai politik peserta Pemilu 2019 mengajukan gugatan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Barat (Sumbar) terkait penetapan daftar calon anggota legislatif sementara (DCS) DPRD Sumbar yang dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Ketua Bawaslu Sumbar Surya Efitrimen mengatakan, ketujuh partai itu mengajukan gugatan terkait tidak lolosnya calon anggota legislatif (caleg) yang mereka daftarkan ke KPU Sumbar. Ketujuh partai tersebut yakni, Partai NasDem, Partai Berkarya, PDI Perjuangan, PKB, PSI, PAN dan Partai Gerindra.

”Tujuh partai itu mengajukan gugatan atas tidak lolosnya 37 caleg mereka dalam tahap Daftar Caleg Sementara (DCS),” kata Surya di Padang, Senin (20/8/2018).

Surya memaparkan, khusus Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) memiliki 35 caleg yang tidak lolos ke tahap DCS DPRD Sumbar. Namun, partai tersebut tidak mengajukan gugatan ke Bawaslu Sumbar.

Bawaslu berencana melakukan mediasi di Kantor Bawaslu Sumbar antara KPU dan ketujuh partai tersebut, besok Selasa (21/8/2018). ”Kami mulai mediasi besok mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 22.30 WIB. Apabila tahap ini belum menemukan titik terang, maka akan dilanjutkan dengan persidangan,” katanya.

KPU Sumbar sebelumnya menyatakan sebanyak 72 calon anggota legislatif tidak memenuhi syarat sehingga tidak dapat mengikuti Pileg 2019. Komisioner KPU Sumbar Izwaryani mengatakan, 72 caleg tersebut dipastikan tidak masuk dalam DCS yang akan diperkenalkan kepada masyarakat.

”Seluruh caleg yang dinyatakan tidak memenuhi syarat karena tidak melengkapi berkas-berkas persyaratan mereka seperti hasil pemeriksaan kesehatan dan surat dari pengadilan,” ujarnya.

Dia mengatakan, hanya ada enam partai yang seluruh calegnya dinyatakan telah memenuhi syarat. Untuk diketahui, setiap partai mendaftarkan sebanyak 65 anggotanya ke KPU Sumbar.


Editor : Maria Christina