5 Korban Longsor Susulan di Jalinsum Padang-Jambi Dievakuasi

Budi Sunandar ยท Jumat, 14 Desember 2018 - 08:35 WIB
5 Korban Longsor Susulan di Jalinsum Padang-Jambi Dievakuasi

Petugas BPBD dan relawan kebencanaan mengevakuasi para korban longsor di Jalinsum Padang, Sumbar-Jambi, Jumat dini hari (14/12/2018). (Foto: iNews/Budi Sunandar)

PADANG, iNews.id – Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang dan tim relawan kebencanaan mengevakuasi lima korban longsor susulan di kawasan Panorama Dua, jalur lintas Sumatera penghubung Padang, Sumatera Barat (Sumbar)-Jambi. Satu di antaranya tewas. Diperkirakan masih ada korban yang tertimbun material longsor setinggi 3 meter.

Satu per satu korban longsor ini dievakuasi oleh petugas BPBD dengan menggunakan tandu menuju ambulans. Mereka selanjutnya dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk segera mendapatkan penanganan medis. Identitas para korban belum diketahui.

BACA JUGA:

Jalinsum Padang-Jambi Kembali Longsor, 4 Mobil Tertimpa dan 1 Tewas

Akses Jalinsum Padang-Jambi Terputus akibat Longsor, 1 Mobil Terseret

Informasi dari BPBD Kota Padang, Sutan Hendra, dari lima orang korban yang berhasil dievakuasi, tiga orang di antaranya luka-luka, satu orang kritis, dan satu orang meninggal dunia. Kelima korban dilarikan ke Rumah Sakit M Jamil Padang. Diperkirakan masih ada korban yang masih terjebak dan tertimbun longsor di kawasan ini.

“Kami tidak tahu kondinya seperti apa di bawah sana karena cuaca masih hujan. Mudah-mudahan tidak ada lagi korban jiwa,” kata Kepala Seksi (Kasi) Kedaruratan BPBD Kota Padang, Sutan Hendra, Sutan, Jumat (14/12/2018).

Dari pantauan iNews, longsor mengakibatkan bus Famili Raya dan satu truk nyaris terjun ke jurang karena tertimpa dan terseret longsor. Sementara itu satu mobil minibus tertimbun longsor dan diperkirakan satu mobil jenis sedan juga masih berada di dalam timbunan material longsor yang belum bisa dievakuasi.

Hingga saat ini, proses evakuasi material longsor belum bisa dilakukan menyeluruh petugas karena sulitnya menyalurkan alat berat ke lokasi longsor. Longsor mengakibatkan kemacetan sepanjang 1 kilometer karena terjadi penumpukan kendaraan yang berada di jalur tersebut.


Editor : Maria Christina