51 Pendaki Berada di Atas Gunung Kerinci saat Terjadi Erupsi

Antara ยท Kamis, 01 Agustus 2019 - 11:10 WIB
51 Pendaki Berada di Atas Gunung Kerinci saat Terjadi Erupsi

Ilustrasi pendaki gunung. (Foto: Istimewa).

PADANG ARO, iNews.id - Sebanyak 51 orang pendaki berada di atas gunung itu saat terjadi erupsi Gunung Kerinci di Provinsi Jambi pada Rabu (31/7/2019). Ada 21 orang sudah turun, sisanya baru akan turun hari ini.

Petugas R10 pendakian Gunung Kerinci, Evaraizal Mirza mengatakan, pascaerupsi kemarin, gunung masih aman untuk pendakian. Namun untuk meminimalisasi risiko, pihaknya menutup sementara aktivitas pendakian.

"Saat erupsi, ada 51 orang pendaki di atas gunung. Sebanyak 21 orang sudah turun kemarin, sementara sisanya turun hari ini," kata Evaraizal saat dihubungi wartawan di Padang Aro, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, Kamis (1/8/2019).

BACA JUGA: Gunung Kerinci Erupsi, Semburkan Kolom Abu Setinggi 800 Meter

Sebelumnya, Gunung Kerinci erupsi dengan menyemburkan abu setinggi 800 meter, Rabu pukul 12.48 WIB. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah timur laut dan timur.

PVMBG mengeluarkan rekomendasi agar masyarakat di sekitar Gunung Kerinci dan pengunjung tidak diperbolehkan mendaki kawah yang ada di puncak gunung api itu di dalam radius tiga kilometer dari kawah aktif.

BACA JUGA: Meski Erupsi, Status Gunung Kerinci di Jambi Masih Waspada

"Karakter Gunung Kerinci memang setiap tahun selalu ada erupsi, seperti yang terjadi baru-baru ini. Asalkan tidak masuk radius tiga kilometer maka itu zona aman," kata Kabid Mitigasi Gunung Api PVMBG, Hendra Gunawan.

Saat ini gunung api tertinggi di Pulau Sumatera tersebut berada pada Status Level II atau Waspada. Status itu bertahan sejak September 2007 silam.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal