Angin Puting Beliung Terjang Agam Sumbar, 6 Atap Bangunan Rusak

Wahyu Sikumbang ยท Selasa, 09 Juli 2019 - 09:21 WIB
Angin Puting Beliung Terjang Agam Sumbar, 6 Atap Bangunan Rusak

Kondisi bangunan di Agam yang rusak akibat terjangan angin puting beliung. (Foto: iNews/Wahyu Sikumbang).

AGAM, iNews.id - Angin puting beliung menerjang Kabupaten Agam, Sumatra Barat (Sumbar) pada Senin (9/7/2019) sore. Insiden ini terjadi sesaat sebelum hujan deras, sehingga mengakibatkan banyak atap bangunan rusak.

Enam atap bangunan di antaranya rumah, sekolah dan warung rusak. Tidak ada korban dalam kejadian ini, namun kerugian diperkirakan puluhan juta rupiah.

Angin kencang dan puting beliung menerjang kawasan Gaduik, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Sumbar. Kondisi ini juga merusak sejumlah kabel listrik.

"Saya sedang mengajar, lalu terdengar suara gemuruh angin kencang," kata seorang warga, Tati, kepada wartawan di Kabupaten Agam, Sumbar, Senin kemarin.

BACA JUGA: Pagi Ini Malut Kembali Diguncang Gempa Sebesar 4,8 SR

Dia mengatakan, insiden ini terjadi sekitar puku 15.00 WIB. Tati yang saat itu berada di PKBM Darul Ulum, pinggir jalan lintas Sumatera Bukittinggi - Medan. Menurutnya, tak lama setelah terdengar gemuruh, atap teras sekolah ambruk.

"Pas saya keluar, ternyata ada angin puting beliung. Di depan juga (rumah) dihantam angin yang tadu berputar-putar," ujar dia.

Selain PKBM, tiga unit warung makanan khas Sanjai di Jorong Jaruang, dilaporkan rusak. Selain itu, angin puting beliung juga menerjang dua unit rumah di jorong palabuahan. Untung tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Pantauan iNews, untuk menghindari guyuran hujan, warga yang atap bangunannya rusak terpaksa menggantinya segera. Selain itu, ada juga dari mereka yang menutupya dengan terpal untuk sementara waktu.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal