Banjir Bandang Terjang Nagari Tanjung Sani Agam, 2 Rumah Hanyut 12 Lainnya Rusak

Okezone, Rus Bakar ยท Kamis, 21 November 2019 - 14:30 WIB
Banjir Bandang Terjang Nagari Tanjung Sani Agam, 2 Rumah Hanyut 12 Lainnya Rusak

Banjir bandang menerjang Nagari Tanjung Sani, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), Rabu (20/11/2019) malam. (Foto: Okezone).

AGAM, iNews.id - Banjir bandang menerjang Nagari Tanjung Sani, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), Rabu (20/11/2019) malam. Dalam insiden ini, dua rumah hanyut dan 12 lainnya mengalami kerusakan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam menyebut, banjir bandang ini bermula dari curah hujan tinggi di wilayah Jorong Galapung, Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya, Rabu malam pukul 19.00 WIB.

Data yang dihimpun BPBD, dua rumah hancur akibat diterjang banjir bandang. Selain itu, akses jalan sepanjang 200 meter tertutup material lumpur dan batu dengan ketinggian lebih kurang 3-5 meter.

BACA JUGA: BMKG Ingatkan Angin Kencang 30 Km/Jam Berpotensi Terjadi di Ngawi dan Sekitarnya

"Material banjir menghayutkan dua unit rumah kayu milik Ernawati (51) dan Ermawati (69). Ada lima orang yang tinggal di kedua rumah tersebut," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Agam, M Lutfi AR, Kamis (21/11/2019).

Selain itu ada tiga rumah yang mengalami rusak berat antara lain milik Murniati (68), Salman (66) dan Sudirman (74). Lalu, sembilan rumah lain mengalami rusak sedang. Total ada 12 rumah yang rusak akibat banjir bandang.

"Lalu, bangunan masjid di sana kondisi rusak berat dan MDA galapung kondisi rusak sedang," ujarnya.

BACA JUGA: Kronologi Ambruknya Gedung SMK 1 Miri Sragen, Bangunan Goyang Lalu Timpa 22 Siswa

Hingga kini, petugas gabungan dari BPBD, Satpol PP Damkar, dibantu jajaran TNI dan Polri serta instansi lainnya membersihkan material banjir yang masuk kedalam rumah warga maupun menutupi akses jalan.

"Pembersihan material banjir tidak bisa dilakukan dengan sistem gotong royong saja. Karena itu, BPBD berkoordinasi dengan PUPR membersihkan material dengan menggunakan alat berat," katanya.

Sementara itu, Bupati Agam Indra Catri turun langsung ke lokasi kejadian untuk meninjau warga yang terdampak sekaligus memberikan bantuan logistik kepada warga yang terdampak.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal