Banjir hingga 1,5 Meter dan Tanah Longsor Melanda Kota Padang

Okezone ยท Jumat, 02 November 2018 - 21:02 WIB
Banjir hingga 1,5 Meter dan Tanah Longsor Melanda Kota Padang

Banjir yang melanda Kota Padang, Sumatera Barat. (Foto: BNPB)

JAKARTA, iNews.id – Ratusan rumah di Kota Padang, Sumatera Barat, terendam banjir, Jumat (2/11/2018). Di samping itu, tiga jembatan mengalami kerusakan parah. Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, banjir terjadi di sejumlah titik, seperti Kecamatan Pauh, Kecamatan Padang Utara, Kecamatan Padang Selatan, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kecamatan Lubuk Begalung, dan Kecamatan Bukuk.

"Dilaporkan kurang lebih 600 rumah terendam dengan tinggi muka air mencapai 80 sampai 150 sentimeter (cm). Satu jembatan hanyut dan dua jembatan putus," kata Sutopo dalam keterangan persnya, Jumat (2/11/2018).

Bencana banjir dan tanah longsor diawali dengan hujan deras di bagian hulu dan hilir. "BPBD Kota Padang telah meninjau lokasi kejadian untuk melakukan pendataan dan penanganan darurat," ucapnya.

Sebelumnya, sekira pukul 05.00 WIB pagi tadi, pergerakan tanah terjadi di Desa Santur, Kecamatan Barangin, Sawah Lunto, Sumatera Barat. Akibatnya, lima kepala keluarga yang terdiri dari 22 jiwa mengungsi ke rumah warga sekitar yang tidak terdampak. “Tidak ada korban jiwa atas peristiwa tersebut," ujar Sutopo.

Sementara kerugian materil yang disebabkan pergeseran tanah tersebut di antaranya, empat unit rumah rusak berat, 12 unit rumah rusak ringan, dan terjadi retakan tanah lebih kurang sepanjang 40 meter.

“Peristiwa tersebut terjadi setelah cuaca ekstrem sejak dari tanggal 11 Oktober 2018 dengan intensitas curah hujan tinggi mengguyur posisi perumahan di kemiringan, sehingga terjadi pergerakan tanah akibat infiltrasi air hujan ke dalam tanah, bangunan rumah banyak retak dan miring, lantai rumah amblas, saluran drainase dan jalan lingkungan retak-retak,” ucap Sutopo.


Editor : Himas Puspito Putra