Bawa Celurit dan Pedang Samurai, 27 Remaja Tawuran Ditangkap di Padang

Budi Sunandar ยท Kamis, 09 Mei 2019 - 14:33 WIB
Bawa Celurit dan Pedang Samurai, 27 Remaja Tawuran Ditangkap di Padang

Puluhan remaja tawuran yang diamankan saat berada di Mapolresta Padang. (Foto: iNews/Budi Sunandar)

PADANG, iNews.id – Sedikitnya 27 remaja terdiri atas 21 laki-laki dan enam perempuan diamankan petugas gabungan Polsek Lubuk Begalung dan Polresta Padang. Mereka ditangkap saat tawuran di kawasan Kampung Berok, Pampangan, Kecamatan Lubeg, Kamis (9/5/2019).

Pantauan iNews, aksi kejar-kejaran terjadi saat penangkapan puluhan remaja tersebut. Petugas bahkan beberapa kali harus melepaskan tembakan peringatan ke udara untuk memecah konsentrasi massa yang tawuran dan mencegah mereka melarikan diri.

Selanjutnya puluhan remaja ini diamankan dan dibawa ke Mapolresta Padang. Petugas mendata satu per satu remaja yang terlibat. Rata-rata mereka berusia 13 sampai 20 tahun, bahkan ada yang masih berstatus pelajar sekolah dasar (SD). Selain itu, polisi juga menyita sejumlah barang bukti dari lokasi tawuran, di antaranya empat buah celurit dan pedang samurai, serta 13 sepeda motor.

BACA JUGA: Berawal Saling Ejek, 2 Kelompok Remaja di Petamburan Terlibat Tawuran

Seusai didata, mereka pun digunduli sebagai tindakan efek jera. Selanjutnya para remaja ini akan diserahkan ke Dinas Sosial (Dinsos) untuk pembinaan dan membuat surat pernyataan serta memanggil orangtua atau walinya masing-masing.

Kapolresta Padang Kombes Pol Yulmar Tri Himawan mengatakan, para remaja yang terlibat tawuran yakni berasal dari dua geng remaja. Yakni geng yang mengatasnamakan diri Liberti (Libas Berani Mati) dan RGA (Rumah Gadang Angker).

“Kami fokus untuk mengatasi tawuran. Ini bentuk ancaman gangguan kamtibmas. Kami akan mengirim surat ke sekolahnya. Sementara untuk temuan senjata tajam akan kami dalami. Jika ada unsur pidana akan kami proses,” ujar Kapolres.


Editor : Donald Karouw