Begini Detik-Detik Banjir Bandang Hanyutkan Jembatan di Kota Padang

Budi Sunandar ยท Jumat, 02 November 2018 - 23:50 WIB
Begini Detik-Detik Banjir Bandang Hanyutkan Jembatan di Kota Padang

Jembatan besi di Lubuk Sarik, Padang Besi, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumbar hanyut diterjang banjir bandang, Jumat (2/11/2018). (Foto: iNews.id/Budi Sunandar)

PADANG, iNews.id – Banjir bandang yang menerjang kawasan Lubuk Sarik, Padang Besi, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Jumat (2/11/2018), mengakibatkan jembatan yang menghubungkan Kelurahan Baringin dengan Gadut putus.

Detik-detik datangnya air bah yang merobohkan dan menghanyutkan jembatan tersebut hingga sejauh satu kilometer terekam video amatir warga. Sejumlah warga yang melihat kejadian itu langsung mengucap takbir. “Allahu Akbar. Astaghfirullah,” ucap warga.

Selain jembatan besar, banjir bandang juga menghanyutkan jembatan gantung yang berada di dekat lokasi jembatan yang putus tersebut.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun puluhan kepala keluarga yang bermukim di pinggir sungai tersebut dievakuasi tim Relawan Kebencanaan Lubuk Kilangan untuk mencegah terjadinya kejadian tak diinginkan. Banjir bandang ini disebabkan tingginya intensitas hujan yang mengguyur Kota Padang.

BACA JUGA: Banjir 1,5 Meter Terjang 6 Kecamatan di Kota Padang, 3 Orang Hilang



Seorang warga Lubuk Sari, Ryan mengatakan, banjir bandang terjadi setelah hujan deras mengguyur selama dua jam. “Air bah tiba-tiba datang dan merobohkan jembatan gadang (besar) ini,” katanya.

Menurut dia, akibat putusnya jembatan sepanjang 60 meter itu warga Lubuk Kilangan dan Gadut terisolasi karena tidak ada akses jembatan lain yang menghubungkan kedua wilayah itu. “Selain jembatan gadang ini, jembatan gantung di dekat jembatan gadang juga hanyut,” katanya.

 


Editor : Kastolani Marzuki