BMKG Pastikan Gempa Mentawai Hari Ini Tak Berpotensi Tsunami, Masyarakat Diminta Tenang

Ilma De Sabrini ยท Selasa, 22 Oktober 2019 - 10:10 WIB
BMKG Pastikan Gempa Mentawai Hari Ini Tak Berpotensi Tsunami, Masyarakat Diminta Tenang

Titik lokasi gempa yang mengguncang Kabupaten Mentawai Sumbar pada Selasa pagi. (Foto: Istimewa).

PADANG, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan gempa yang mengguncang Kabupaten Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar) hari ini, Selasa pagi, tidak berpotensi tsunami. Karena itu, warga diminta tetap tenang.

Informasi BMKG, gempa dengan magnitudo 5,2 setelah dimutakhirkan (sebelumnya 5,5), berlokasi di laut dengan jarak 48 kilometer ke arah selatan kota Tuapejat pukul 06.49 WIB. Tepatnya di titik koordinat 2,47 lintang selatan dan 99,71 bujur timur, dengan kedalaman 23 kilometer.

Guncangan gempa dirasakan di Kabupaten Mentawai, II-III MMI. Kemudian di kota Painan, Kabupaten Pesisir Selatan dan Kota Padang, terasa dengan kekuatan II MMI. Hasil pemodelan menunjukkan gempa tidak berpotensi tsunami.

BACA JUGA: Gempa Hari Ini Bermagnitudo 5,5 Guncang Mentawai, Warga Panik setelah Ada Guncangan Susulan

Hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya gempa susulan dengan magnitudo 5,0 pukul 07.23 WIB. Lokasi dan koordinat gempa berada di area yang sama, dan tidak berpotensi tsunami.

"Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan," kata Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, Selasa (22/10/2019).

Sebelumnya, warga di Sipora Selatan tampak panik begitu merasakan terjadi gempa. Mereka semakin khawatir ketika gempa susulan terjadi selang beberapa menit kemudian. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal