BPBD Ingatkan Pemudik Waspadai 4 Ruas Jalan Rawan Longsor di Kabupaten Agam

Antara ยท Sabtu, 25 Mei 2019 - 10:27 WIB
BPBD Ingatkan Pemudik Waspadai 4 Ruas Jalan Rawan Longsor di Kabupaten Agam

Ilustrasi jalan longsor. (Foto: Dok iNews.id)

LUBUKBASUNG, iNews.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), mengingatkan para pemudik mewaspadai empat ruas jalan yang rawan longsor di daerah itu. Ruas jalan ini berada di daerah perbukitan yang memiliki tanah yang labil.

“Akibatnya, saat hujan, ruas jalan ini mudah longsor,” kata Kepala BPBD Agam, Muhammad Lutfi Ar di Lubukbasung, Sabtu (25/5/2019).

Lutfi mengatakan, keempat ruas jalan itu berada di sejumlah titik di jalan provinsi, di Kelok 44, Malalak dan Palembayan. Selain itu, jalan nasional yang menghubungkan Padang menuju Pasaman, tepatnya di Kecamatan Palupuh.

“Lokasi ini sering dilanda bencana tanah longsor saat curah hujan cukup tinggi,” katanya.


BACA JUGA: BPBD Agam Deteksi 12 Titik Rawan Longsor di Jalur Bukittinggi-Pasaman


BPBD setempat mengimbau pengendara untuk meningkatkan kewaspadaan saat melewati daerah itu agar tidak menjadi korban. BPBD Agam juga memasang papan berisi imbauan di lokasi rawan bencana dan membuat enam posko kebencanaan.

Selain itu, BPBD menyiapkan lima unit alat berat di lokasi. Alat ini sewaktu-waktu bisa digunakan untuk membersihkan material longsor yang menimbun badan jalan agar tidak mengganggu para pemudik.

“Alat berat itu milik Pemkab Agam dan Pemprov Sumbar,” kata Muhammad Lutfi Ar.


Editor : Maria Christina