Bupati Pasaman Barat Mangkat, Wakil Bupati Yulianto Jadi Pengganti Sementara

Okezone, Rus Akbar ยท Minggu, 04 Agustus 2019 - 19:15 WIB
Bupati Pasaman Barat Mangkat, Wakil Bupati Yulianto Jadi Pengganti Sementara

Suasana duka di kediaman Bupati Pasaman Barat yang meninggal dunia (Foto: Rus Akbar/Okezone)

PADANG, iNews.id - Bupati Pasaman Barat Syahiran (66) meninggal dunia di Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta, Sabtu (3/8/2019) pukul 23:30 WIB. Dengan mangkatnya almarhum dan terjadinya kekosongan jabatan, maka untuk sementara Wakil Bupati Yulianto dipilih menjadi penggantinya.

Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Nasrul Abit mengatakan, akan menandatangani surat penetapan jabatan Bupati Pasaman Batat sementara atas nama Gubernur Sumbar kepada Wakil Bupati Yulianto.

"Ini berkaitan dengan aturan perundang-undangan yang berlaku. Pemerintahan tidak boleh kosong. Dan selanjutnya DPRD akan memproses pengusulan Bupati Pasaman Barat sesuai mekanisme aturan yang berlaku," ujarnya, seusai melepaskan jenazah Syahiran di Masjid Agung Pasaman Barat, Minggu (4/8/2019).

BACA JUGA: Bupati Pasaman Barat Syahiran Meninggal Dunia di Jakarta

Wagub mengenang sosok almarhum Bupati Syahiran merupakan pekerja keras yang telah berhasil membawa Pasaman Barat keluar dari kategori daerah tertinggal tahun 2019. Selain ini banyak prestasi lainnya yang telah dicapai Pasaman Barat selama masa kepemimpinnya.

"Kepergian beliau yang mendadak ini mengejutkan kita semua. Sebagai teman dan sahabat yang telah mengabdikan diri memajukan pembangunan Pasaman Barat, semoga almarhum husnul khotimah, diampuni segala dosa-dosanya dan mari kita besarkan segala kebaikan beliau semasa hidupnya," katanya.

Wagub Nasrul menyampaikan dukanya mewakil Pemerintah dan masyarakat Sumbar atas telah berpulang ke ramahtullah Bupati Syahiran, usia 65 tahun 11 bulan lebih (15 September 1953 - 3 Agustus 2019).

"Selamat jalan sahabat, semoga bakti dan pengabdianmu selama ini menjadi amalan kebaikan. Serta apa-apa yang telah dikerjakan dalam memajukan Pasaman Barat dapat menjadi inspirasi bagi kesejahteraan hidup masyarakat di daerah ini," tuturnya.


Editor : Donald Karouw