Gempa Hari Ini Bermagnitudo 5,5 Guncang Mentawai, Warga Panik setelah Ada Guncangan Susulan

Ilma De Sabrini ยท Selasa, 22 Oktober 2019 - 09:30 WIB
Gempa Hari Ini Bermagnitudo 5,5 Guncang Mentawai, Warga Panik setelah Ada Guncangan Susulan

Warga panik begitu merasakan guncangan gempa. (Foto: Dok iNews).

PADANG, iNews.id - Warga di Pulau Sipora, Kabupaten Mentawai Sumatera Barat (Sumbar) panik setelah gempa yang terjadi hari ini, Selasa pagi, dengan magnitudo 5,5 mengguncang daerah tersebut. Selang beberapa saat, gempa susulan kembali dirasakan masyarakat di sana.

Informasi dari BMKG, gempa pertama dengan magnitudo 5,5 mengguncang pantai barat Kecamatan Sipora Selatan, terjadi pukul 06.47 WIB. Titik gempa tepatnya di titik koordinat 2,47 lintang selatan dan 99,65 bujur timur, dengan kedalaman 18 kilometer.

Beberapa menit kemudian, gempa bermagnitudo 5,0 kembali mengguncang wilayah tersebut. Titik koordinat berada di 2,47 lintang selatan dan 99,64 bujur timur dengan kedalaman 22 kilometer. Kedua gempa itu tak berpotensi menimbulkan tsunami.

BACA JUGA: Gempa Hari Ini Magnitudo 4,0 Guncang Ambon

Seorang warga, Lowa Dilla Verona, gempa terasa sangat kuat. Guncangan tersebut membuat dia dan keluarganya bangun dari tempat tidur. Mereka semakin panik ketika terjadi gempa susulan selang beberapa menit kemudian.

"Ini kembali terjadi gempa lagi. Mudah-mudahan tidak ada susulan," ujar dia yang berada di Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Mentawai, Sumbar, Selasa (22/10/2019).

BACA JUGA: Gempa Hari Ini Magnitudo 5,8 Guncang Jayapura Papua

Bukan hanya warga di Pulau Sipora, warga Pulau Siberut Kabupaten Mentawai juga merasakan guncangan serupa. Warga pun panik dan keluar dari rumah begitu merasakan terjadi guncangan.

"Awalnya kami sedang minum dan sarapan pagi tiba-tiba langsung gempa. Kami pun berhenti makan dan kami keluar melihat keadaan keluar. Gempa sedikit kuat dan lama," kata Gorardus.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal