Gempa Hari Ini M5,4 Guncang Tua Pejat Kepulauan Mentawai, Terasa di Padang hingga Solok

Ilma De Sabrini ยท Rabu, 23 Oktober 2019 - 10:58 WIB
Gempa Hari Ini M5,4 Guncang Tua Pejat Kepulauan Mentawai, Terasa di Padang hingga Solok

Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.idGempa bumi bermagnitudo 5,4 mengguncang Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), tepatnya di Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, Rabu (23/10/2019). Gempa juga dirasakan di sejumlah daerah seperti Painan, Padang, Pariaman, Padang Panjang, Sawah Lunto, Payakumbuh, Bukit Tinggi, dan Solok.

 

BACA JUGA: Gempa Hari Ini Bermagnitudo 5,5 Guncang Mentawai, Warga Panik setelah Ada Guncangan Susulan 

 

Berdasarkan analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), episenter gempa bumi berlokasi di titik koordinat 2,48 Lintang Selatan (LS) dan 99,68 Bujur Timur (BT). Pusat gempa berada di laut, 50 kilometer (km) dari arah Tenggara Tua Pejat. Sementara kedalman gempa mencapai 20 km.

Menurut laporan yang diperoleh BMKG dari masyarakat, guncangan gempa dirasakan dalam skala intensitas IV MMI di Tua Pejat, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai. Sementara di Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, dalam skala III MMI.

Di Kota Padang, gempa terasa dalam skala intensitas III MMI, dan Pariaman III MMI. Sementara di Padang Panjang, Sawah Lunto, Payakumbuh, Bukit Tinggi, dan Solok, terasa dalam skala intensitas II MMI.

Sebelumnya gempa bumi M5,5 juga mengguncang Tua Pejat, Kepulauan Mentawai,  Selasa (22/10/2019), pukul 06.49 WIB. Gempa berlokasi di titik koordinat 2,47 LS dan 99,65 BT. Pusat gempa berada di laut, 49 km Tenggara Tua Pejat dan kedalaman 18 km. Gempa dirasakan dalam skala intensitas II-III MMI di Mentawai, II MMI di Painan, dan II MMI di Padang.

Lalu pada pukul 07.03 di hari yang sama, gempa susulan terjadi dengan Magnitudo 5,0. Lokasi gempa bumi di titik koordinat 2,47 LS dan 99,64 BT. Gempa tepatnya 49 km dari arah Tenggara Tua Pejat, Kepulauan Mentawai dengan kedalaman 22 km.


Editor : Maria Christina