Hujan Sejak Sore, Ratusan Rumah di Padang Terendam Banjir 1 Meter

Antara ยท Rabu, 26 September 2018 - 21:28 WIB
Hujan Sejak Sore, Ratusan Rumah di Padang Terendam Banjir 1 Meter

Banjir menggenangi wilayah Jondul Rawang, Kota Padang, Sumatera Barat, Rabu (26/9/2018). (Foto: Sindonews)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

PADANG, iNews.id - Banjir dengan ketinggian mencapai satu meter menggenangi ratusan rumah warga di Jondul Rawang, Kota Padang, Sumatera Barat.  Hujan yang mengguyur sejak Rabu (26/9/2018) sore tadi, diduga menjadi penyebab banjir kali ini.

Salah seorang warga Rawang, Sitepu mengatakan, air bah mulai memasuki rumah-rumah warga pada sore hari tadi. "Curah hujan cukup tinggi sejak sore, membuat air menggenangi jalan satu meter lebih, sekitar pukul 16.30 WIB air mulai masuk ke rumah," katanya Rabu (26/9/2018) malam.

Dia mengungkap, air yang masuk ke rumah mencapai tinggi 50-80 sentimeter. Hal yang sama juga dialami ratusan rumah lainnya. Beberapa warga tampak berusaha menimba air ke luar rumah, serta memidahkan barang elektronik ke tempat yang tinggi agar tak terkena air.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang mencatat, setidaknya ada 375 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak banjir. Rumah yang terdampak itu menyebar di tujuh Rukun Tetangga (RT) dan 28 Rukun Warga (RW) kawasan Jondul Rawang.

Mengingat tingginya genangan air di lokasi, petugas BPBD juga melakukan evakuasi menggunakan dua unit perahu karet yang diturunkan ke lokasi. Salah satu yang dievakuasi adalah Zakima (91), yang sedang sakit dan dievakuasi ke rumah saudaranya.

"Setidaknya sampai pukul 19.00 WIB petugas sudah mengevakuasi sekitar 50 warga," kata Kepala Pelaksana BPBD Padang, Edi Hasymi.

Hingga malam hari ini puluhan petugas BPBD setempat masih bersiaga di lokasi kejadian untuk mengantisipasi banjir yang lebih besar lagi.


Editor : Himas Puspito Putra