Isi BBM Pakai Jeriken, SPBU di Padang Ludes Dilalap Si Jago Merah

Budi Sunandar ยท Jumat, 21 September 2018 - 17:58 WIB
Isi BBM Pakai Jeriken, SPBU di Padang Ludes Dilalap Si Jago Merah

Kebakaran SPBUdi Jalan Haji Agus Salim, Kota Padang. (Foto: iNews/Budi Sunandar)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

PADANG, iNews.id - Kebakaran terjadi di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina 14.251.519 di Jalan Haji Agus Salim, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar). Peristiwa itu dipicu saat sebuah mobil angkutan umum mengisi bahan bakar minyak (BBM) menggunakan jeriken.

“Kebakaran terjadi sekitar pukul 14.45 WIB. Api diduga berasal dari percikan api yang keluar dari dalam angkutan umum saat mengisi bensin. Saat evakuasi, petugas menemukan 20 jeriken dan satu tangki modifikasi berisi premium,” kata Kepala Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang, Endrizal Azhar, Jumat (21/9/2018).

Menurutnya sebanyak tujuh unit mobil damkar dan satu water cannon dari Polresta Padang dikerahkan ke lokasi guna memadamkan api. Dia menjelaskan setelah satu jam kemudian api baru berhasil dipadamkan.

“Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun diperkirakan kerugian mencapai milaran rupiah,” ujarnya.

Kasus kebakaran tersebut masih dalam proses penyelidikan Polresta Padang. Polisi juga sudah meminta keterangan beberapa saksi kejadian dan memberikan police line di areal SPBU yang terbakar.

Sementara itu, Pertamina berjanji akan memberikan sanksi tegas terhadap SPBU yang lalai. Pertamina akan memutus hubungan kerja jika terbukti melanggar peraturan yang ada. ”Tentu kami dari pertamina akan memberikan pembinaan atau sanksi tegas kepada SPBU yang tidak melaksanakan standar operasional,” kata Sales Representative Wilayah 8 Pertamina Sumbar, Warih Wibowo.


Editor : Muhammad Saiful Hadi