Jamaah Syatri di Bukittinggi dan Agam Baru Mulai Puasa Ramadan Hari Ini

Wahyu Sikumbang ยท Selasa, 07 Mei 2019 - 05:10 WIB
Jamaah Syatri di Bukittinggi dan Agam Baru Mulai Puasa Ramadan Hari Ini

Jamaah Tarekat Syatri Bukittinggi SUmatera Barat melakukan rukyatul hilal untuk menentukan awal puasa Ramadan 1440 Hijriah, Senin (6/5/2019) sore. (Foto: iNews.id/Wahyu Sikumbang)

BUKTTINGGI, iNews.id - Jamaah Syatri di Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam, Sumatera Barat baru akan mulai puasa Ramadan 1440 Hijriah pada Selasa, 7 Mei 2019.

Kepastian itu diperoleh setelah ratusan jamaah di beberapa lokasi melakukan hisab takwin yaitu melihat bulan dengan mata telanjang Senin (6/5/2019) sore.

Keputusan Jamaah Syatri itu berbeda dengan hasil sidang Isbat Kemenag yang telah menetapkan 1 Ramadan pada Senin (6/5/2019).

Sebelum memutuskan puasa Ramadan jatuh pada Selasa (7/5/2019), ratusan jamaah tarekat Syatri Surau Tuangku Basa berkumpul di Bukit Lampasa, Kelurahan Panganak, Kota Bukittinggi. Kedatangan jamaah ini untuk memastikan jatuhnya awal Ramadan 1440 Hijriah.

Jamaah tarekat yang dipimpin Tuanku Ismet Ismail ini menentukan hitungan awal puasa berpatokan pada hisab takwim yaitu melihat bulan dengan mata telanjang.

Anggota Jamaah Tarekat Syatri, Sutan Arbi mengatakan, bulan baru atau hilal di lokasi ini terlihat pukul 18.22 WIB.

“Bulan yang terlihat beberapa derajat di atas titik terbenamnya matahari Senin sore ini berupa titik berkas cahaya melengkung bagian bawah bulan,” katanya.

BACA JUGA: Yakini Ramadan Besok, Aliran Aboge di Banyumas Belum Berpuasa

Selain di Bukittinggi, rukyatul hilal juga dilakukan di Pesawahan Galudua Kabupaten Agam, dan di Pantai Tiram Kabupaten Padang Pariaman, serta sejumlah lokasi lain.

“Kita sudah menampakkan bulan yang pertama bagi kita yang disebut kaum tuo, ini tandanya besok hari Selasa kita mulai berpuasa dan nanti malam tarawih pertama. Bulan tadi nampak pukul 18.22 WIB. Selain di sini pengamatan atau melihat bulan juga dilakukan di Kecamatan Ampek Koto, negeri kecilnya di Galudua Koto Tuo, di Kabupaten Padang Pariaman juga sekarang sedang melihat bulan, tapi entah nampak di sana entah tidak, disini nampak jelas karena cuaca bagus,” katanya.

Dengan penampakan bulan berupa berkas cahaya kecil di ufuk timur ini, kata dia, Jamaah Syatri yang tersebar di Sumatera Barat, Riau, Jambi, dan Bengkulu baru akan mulai menjalankan ibadah puasa Ramadhan, Selasa ini. Mereka juga mulai melaksanakan salat tarawih pertama pada Senin malam.


Editor : Kastolani Marzuki

TAG :