Jelang Pemilu 2019, Dinas Dukcapil Solok Selatan Kehabisan Tinta e-KTP

Antara ยท Jumat, 23 November 2018 - 09:03 WIB
Jelang Pemilu 2019, Dinas Dukcapil Solok Selatan Kehabisan Tinta e-KTP

Ilustrasi pembagian KTP elektronik di kantor dinas dukcapil. (Foto: Koran Sindo).

PADANG, iNews.id - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat memastikan pelayanan pencetakan KTP elektronik (e-KTP) bakalan berhenti sementara pada Desember 2018. Alasannya, ketersediaan tinta yang tidak mencukupi.

Kepala Dinas Dukcapil Solok Selatan, Efi Yandri mengatakan, Ribbon atau tinta cetak e-KTP, sekarang ini cuma tersisa dua buah. Satu tinta untuk mencetak 500 keping KTP. Sedangkan pencetakan dalam sehari bisa mencapai 100-150 keping.

"Ribbon cuma mencukupi sampai awal Desember mendatang," kata Efi saat dikonfirmasi wartawan dari Kota Padang, Sumatera Barat, Jumat (23/11/2018).

   BACA JUGA:

Oknum Perangkat Desa Diduga Pungli E-KTP, Camat Ngaglik Siapkan Sanksi

Persiapan Pemilu, Mendagri Minta Warga Proaktif dalam Pembuatan e-KTP

Menurut dia, jika sisa ribbon habis pada awal Desember, maka pencetakan e-KTP baru bisa dilanjutkan kembali sekitar akhir Februari atau awal Maret 2019 mendatang. Karena, anggaran dari APBD baru turun pada akhir bulan kedua tahun depan.

"Ya, karena memang kami kehabisan Ribbon, makanya harus menunggu penganggaran pada APBD Perubahan 2018," ujarnya.

Saat pembahasan anggaran, DPRD menyetujui penambahan anggaran Rp46 juta untuk pembelian 10 ribbon dan tiga retranfer film. Dinas Dukcapil Solok Selatan juga meminjam ribbon dari pusat sebanyak lima buah.

"Untuk tahun 2019, kami anggarkan dua kali lipat ribbon dibanding 2018," ucapnya.

Kemudian, terkait kebutuhan e-KTP untuk Pemilu 2019, kata Efi, jika awal Maret sudah sudah bisa cetak, maka H-1 pencoblosan semua warga yang telah merekam data kependudukan akan mendapatkan fisik e-KTP mereka.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal