Jemaah Tarekat Naqsabandiah di Padang Sumbar Rayakan Idul Fitri Hari Ini

Budi Sunandar ยท Senin, 03 Juni 2019 - 11:57 WIB
Jemaah Tarekat Naqsabandiah di Padang Sumbar Rayakan Idul Fitri Hari Ini

Jemaah Tarekat Naqsabandiah di Padang, Sumbar, saat melaksanakan Salat Ied di Masjid Baitul Makmur, Senin (3/6/2019). (Foto: iNews/Budi Sunandar)

PADANG, iNews.id – Ratusan jemaah Tarekat Naqsabandiah di Padang, Pariaman, Solok dan beberapa daerah lainnya di Sumatera Barat (Sumbar) serentak melaksanakan Salat Idul Fitri 1440 Hijriah, Senin (3/6/2019) hari ini. Salah satunya di Masjid Baitul Makmur, Kampung Binuang, Kecamatan Pauh, Kota Padang.

Penetapan jatuhnya 1 Syawal 1440 H ini berdasarkan penghitungan kalender jemaah Tarekat Naqabandiah Hisab Munjid yang telah diyakini secara turun temurun.

Pantauan iNews, gema takbir terdengar berkumandang di Masjid Baitul Makmur yang berjarak 15 kilometer (Km) dari pusat Kota Padang. Ratusan jemaah Tarekat Naqsabandiah merayakan lebaran setelah menjalani puasa Ramadan selama 30 hari. Mereka menjalani Salat Ied dengan khidmat dan khusyuk.

BACA JUGA: Jemaah An Nadzir di Gowa Sulsel Berlebaran Hari Ini

Setelah itu, dilanjutkan dengan pembacaan khotbah Idul Fitri oleh Mursyid (Pimpinan) Jemaah Tarekat Naqshabandiyah Surau Baitul Makmur, Syafri Malin Mudo. Tampak sebagian besar jemaah didominasi orang tua yang telah berusia lanjut.

“1 Syawal 1440 Hijriah jatuh pada Senin 3 Juni 2019. Ini berdasarkan penghitungan metode hisab munjid serta rukyatul hilal (melihat bulan) yang digunakan dalam menentukan awal bulan,” ujar Syafri.

Metode hisab munjid yang digunakan Jamaah tarekat Naqshabandiyah untuk menentukan awal bulan berasal dari Mekkah oleh ulama setempat. Selain itu, dalam melaksanakan rukyatul hilal dilakukan secara langsung pada tanggal 8, 15, 2 dan 30 Syaban.


Editor : Donald Karouw