Jemaah Tarekat Syattariyah di Padang Pariaman Baru Melihat Hilal Sore Ini

Eka Guspriadi ยท Senin, 06 Mei 2019 - 13:08 WIB
Jemaah Tarekat Syattariyah di Padang Pariaman Baru Melihat Hilal Sore Ini

Para jamaah Tarekat Syattariyah di Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar, belum berpuasa dan rencananya baru melihat hilal Senin sore nanti (6/5/2019).). (Foto: iNews/Eka Guspriadi)

PADANG PARIAMAN, iNews.id – Ribuan umat Islam penganut Tarekat Syattariyah di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), belum menjalankan ibadah puasa Ramadan hari ini. Mereka baru akan melihat hilal atau maniliak bulan Senin sore ini (6/5/2019).

Salah seorang jemaah Tarekat Syattariyah, Zaini, yang berada di kawasan Makam Syech Burhanuddin di Ulakan, Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman memperkirakan, mereka baru berpuasa Ramadan 1440 Hijriah besok seandainya hilal atau bulan sabit terlihat sore ini.

“Nanti sore kami akan melihat hilal dulu, sehingga kemungkinan baru berpuasa Ramadan besok,” kata Zaini di Ulakan, Senin (6/5/2019).

BACA JUGA:

Yakini Ramadan Besok, Aliran Aboge di Banyumas Belum Berpuasa

Jemaah Naqsabandiyah di Padang Sudah Mulai Puasa Hari Ini

Namun, bila jemaah Tarekat Syattariyah tidak melihat bulan Senin sore ini, maka awal puasa Ramadan akan ditetapkan Rabu (8/5/2019). Ramadan hari pertama akan ditetapkan melalui sidang isbat.

Menurut Zaini, perbedaan dalam memulai bulan puasa dengan umat Islam lainnya sudah terjadi sejak dulunya. Hal ini karena ada sedikit perbedaan dalam perhitungan tanggal atau hisab yang mereka lakukan dengan pemerintah atau aliran lainnya.

“Kami Tarekat Syattariyah menggunakan bilangan khamsiah dalam perhitungan tanggal sehingga dalam melihat hilal baru ditetapkan hari ini,” ujarnya.

Di menambahkan, jemaah Tarekat Syattariyah tersebar di sejumlah daerah di Kabupaten Padang Pariaman dan berbagai daerah di Sumbar. Selain itu, di beberapa provinsi lainnya seperti Riau, Jambi, dan Bengkulu.


Editor : Maria Christina