Jembatan Besi di Padang Hanyut 800 Meter Diterjang Banjir, Akses Putus

Budi Sunandar ยท Sabtu, 03 November 2018 - 11:47 WIB
Jembatan Besi di Padang Hanyut 800 Meter Diterjang Banjir, Akses Putus

Petugas saat akan mengangkat material jembatan besi yang hanyut terbawa arus banjir bandang di Padang. (Foto: iNews/Budi Sunandar)

PADANG, iNews.id – Banjir yang melanda Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), tak hanya merendam permukiman warga, namun juga merusak dua jembatan, Jumat (2/11/2018). Salah satu jembatan besi bahkan hanyut terbawa arus deras banjir bandang hingga 800 meter.

Pantauan iNews, usai banjir akses jalan masyarakat di Kelurahan Koto Lalang dengan Kelurahan Baringin, Kecamatan Lubuk Kilangan, terputus, Sabtu (3/11/2018). Dua jembatan yang menghubungkan kedua kelurahan ini rusak dan tidak bisa dilewati masyarakat.

Jembatan besi yang hanyut di daerah Tarantang itu mengakibatkan warga terpaksa harus memutar sejauh 3 kilometer untuk beraktifitas melewati dua kelurahan tersebut. Sementara jembatan lainnya yang terbuat dari kayu mengalami kerusakan parah dan tak bisa dipergunakan.


BACA JUGA:

Banjir di Padang Telan Korban Jiwa, 2 Anak Hanyut Ditemukan Tewas

Begini Detik-Detik Banjir Bandang Hanyutkan Jembatan di Kota Padang


Camat Lubuk Kilangan Yalmasril mengatakan, banjir bandang meluap di hulu Sungai Batang Arau dan Sungai Lubuk Sarik. Bencana itu menyebabkan 37 rumah warga terendam banjir dan merusak sejumlah infrastruktur. “Selain jembatan hanyut, puluhan rumah warga juga terendam banjir. Namun tak ada warga kami yang mengungsi,” ujarnya.


Diketahui, hujan deras yang mengguyur Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) sejak Jumat (2/11/2018) siang hingga petang mengakibatkan enam kecamatan terendam banjir hingga setinggi 1,5 hingga dua meter.

Sedikitnya enam kecamatan terendam banjir, yakni Lubuk Kilangan, Lubuk Begalung, Bungus Teluk Kabung, Koto Tangah, Padang Selatan, dan Pauh. Tingginya intensitas hujan menyebabkan banjir bandang akibat luapan sungai. Musibah ini menelan dua korban jiwa, yakni Pasilah Azzam (7) di Kecamatan Koto Tangah dan Jihan Melani (2) di Kecamatan Bungus Teluk Kabung.


Editor : Donald Karouw