Jembatan Darurat Padang-Bukittinggi Hanya Bisa Dilintasi Motor

Okezone ยท Selasa, 11 Desember 2018 - 20:27 WIB
Jembatan Darurat Padang-Bukittinggi Hanya Bisa Dilintasi Motor

Warga melintasi jembatan darurat Padang-Bukittinggi. (Foto: Okezone).

PADANG, iNews.id - Sejumlah warga bersama TNI membangun jembatan darurat mengatisipasi lumpuhnya jembatan yang menjadi akses utama Kota Padang-Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar).

Jembatan yang berada di kawasan Nagari Kayutanam, Kecamatan 2X11, Kabupaten Pariaman, Sumbar ini putus pada Senin (10/12/2018). Kondisi ini terjadi lantaran kuatnya arus aliran sungai akibat tingginya curah hujan kemarin.

Danramil 04 Sicicin, Kapten Inf Maslur mengatakan, adanya jembatan darurat ini membuat warga bisa melintas. Meski, hanya untuk mereka yang berjalan kaki dan dengan sepeda motor.

BACA JUGA: Jalur Padang-Bukittinggi Putus, 3 Jembatan Ambruk dan Terjadi Longsor

"Namun pengendara harus berhati-hati karena harus melewati turunan yang tajam," kata Maslur kepada wartawan di lokasi jembatan tersebut, kawasan Nagari Kayutanam, Kecamatan 2X11, Kabupaten Pariaman, Sumbar, Selasa (11/12/2018).

Jembatan dibuat swadaya masyarakat dibantu personel Babinsa. Fungsinya untuk membantu sementara masyarakat bisa beraktivitas secara normal.

Maslur menambahkan, sesuai dengan perintah para personel diminta siaga di lokasi dan berupaya untuk membantu masyarakat. Selain itu, persiapan untuk membantu pembangunan jembatan jembatan darurat (bailey) ke depannya.

"Petunjuk pimpinan standby menunggu apa yang bisa dibantu, kami akan bantu. Insya Allah hari ini jembatan darurat juga sampai," katanya.

BACA JUGA: Akses Putus, Warga Padang Pariaman Bangun Jembatan Darurat dari Bambu

Sebenarnya, kata Maslue, jembatan penghubung jalur utama Padang-Bukittinggi ini sebenarnya sudah diusulkan untuk diperbaiki. Hal tersebut juga sudah disampaikan ke Dinas Pekerjaan Umum Pemerintah Kabupaten Pariaman.

Sebelumnya, tiga jembatan di Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar ambruk. Yakni, di Pasang Usang, Nagari Kayutanam dan Jembatan Sungai Patai, Nagari Kapalo Hilalang. Dan jembatan di Lubuk Napa, Kecamatan Padang Sago.

"Untuk sementara ada tiga jembatan ambruk dalam waktu yang hampir bersamaan," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang Pariaman Budi Mulya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal