Jembatan Darurat Penghubung Padang-Bukittinggi Sumbar Selesai Besok

Antara, Eka Guspriadi ยท Kamis, 13 Desember 2018 - 13:53 WIB
Jembatan Darurat Penghubung Padang-Bukittinggi Sumbar Selesai Besok

Warga melintasi jembatan darurat Padang-Bukittinggi, Sumbar. (Foto: Okezone)

PARIT MALINTANG, iNews.id – Jembatan darurat di Nagari Kayu Tanam, Kecamatan 2x11 Katu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), yang ambruk pada Senin (10/12/2018), diperkirakan selesai dibangun besok, Jumat (13/12/2018). Dengan begitu, akses jalan nasional di daerah itu segera pulih.

“Besok jembatan ini bisa selesai dikerjakan sehingga dapat dilewati kendaraan Sabtu (15/12),” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat meninjau Jembatan Sungai Kalu, 2x11 Kayu Tanam, Padang Pariaman, Kamis (13/12/2018).

Dia mengatakan, jembatan darurat tersebut untuk kendaraan dari arah Padang ke Bukittinggi. Sementara kendaraan dari arah Bukittinggi harus melewati Malalak. Setelah jembatan darurat tersebut dibangun, pihaknya akan mengurus pembebasan lahan di sisi jembatan untuk membangun jembatan sementara yang lebih kuat.

“Setelah jembatan sementara itu selesai, kami buka jembatan darurat untuk dibangun jembatan permanen,” katanya.

BACA JUGA:

Jembatan Darurat Padang-Bukittinggi Hanya Bisa Dilintasi Motor

Jalur Padang-Bukittinggi Putus, 3 Jembatan Ambruk dan Terjadi Longsor

Menteri PUPR mengatakan, pemerintah segera membangun jembatan permanen karena lokasi tersebut merupakan masuk lintasan utama jalan Padang-Bukittinggi. “Ratusan kendaraan yang harus lewat dan banyak kerugian yang ditimbulkan jika tidak segera dibangun,” ujarnya.

Dia menambahkan, turun langsung meninjau pembangunan jembatan darurat sesuai perintah Presiden Joko Widodo. Usai meninjau jembatan ambruk di Sungai Kalu, rombongan Kementerian Perupera meninjau jembatan Lubuk Napa, Kecamatan Padang Sago.


BACA JUGA: Begini Detik-Detik Ganasnya Luapan Air Terjun Lembah Anai di Jalinsum


Jembatan Sungai Kalu, Nagari Kayu Tanam, Kecamatan 2x11 Katu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman, ambruk pada Senin (10/12/2018) sekitar pukul 18.30 WIB ,sehingga memutuskan akses jalan nasional di daerah itu.

Selain jembatan tersebut, ada tiga jembatan lainnya yang ambruk yaitu jembatan di belakang Pasar Kayu Tanam dan Jembatan Patai di Nagari Kapalo Hilalang di Kecamatan 2x11 Kayu Tanam, serta Jembatan Lubuk Napa, Kecamatan Padang Sago.


Editor : Maria Christina