Kabut Asap Kepung Dhamasraya Sumbar, Warga Diimbau Pakai Masker

Budi Sunandar ยท Kamis, 17 Oktober 2019 - 13:45 WIB
Kabut Asap Kepung Dhamasraya Sumbar, Warga Diimbau Pakai Masker

Kabut asap menganggu lalu lintas jalan di Dhamasraya Sumbar. (Foto: iNews/Budi Sunandar).

DHAMASRAYA, iNews.id - Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali muncul di Kabupaten Dhamasraya, Sumatera Barat (Sumbar). Kondisi ini terjadi karena embusan angin dari tenggara dan selatan menuju ke utara, sehingga wilayah tersebut ikut terdampak.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Dhamasraya, Adlisman mengatakan, kondisi ini terjadi sejak dua hari terakhir. Sementara ini, masyarakat diminta untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan.

BACA JUGA: Terganggu Jarak Pandang akibat Kabut Asap, Pesawat Lion Air Jakarta - Jambi Batal Mendarat

"Kurangi aktivitas di luar ruangan. Kalau terpaksa harus keluar, pakailah masker," kata Sekda Adlisman kepada wartawan di Kabupaten Dhamasraya, Sumbar, Kamis (17/10/2019).

Dia mengatakan, kabut asap ini merupakan kiriman daerah kabupaten/kota yang terdampak langsung karhutla. Asap yang muncul tersebut kemudian terbawa angin hingga mencemari daerahnya.

BACA JUGA: Titik Panas Meningkat, BMKG Ingatkan Warga Tetap Waspadai Kabut Asap Karhutla

Pantauan iNews, indeks kualitas udara di daerah tersebut masuk kategori tidak sehat. Meski begitu, belum ada instruksi atau kebijakan dari pemerintah daerah (pemda) untuk meliburkan pelajar sekolah.

Sedangkan di jalan-jalan raya, seluruh kendaraan tampak memperlambat lajunya. Selain itu, lampu penerangan lalu lintas juga menyala meski di siang hari untuk menghindari kecelakaan lalu lintas. Sebab, jarak pandang hanya berkisar satu kilometer di pagi hari.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal