Kapal Nelayan Angkut Rombongan Siswa SMA Tenggelam di Pulau Panjang

Antara ยท Minggu, 01 September 2019 - 23:51 WIB
Kapal Nelayan Angkut Rombongan Siswa SMA Tenggelam di Pulau Panjang

Kapal nelayan yang membawa rombongan anggota Pramuka SMA IT Darul Hikmah Simpang Empat Pasaman Sumatera Barat tenggelam dihantam ombak di Pulau Panjang. (Foto: ilustrasi)

SIMPANG EMPAT, iNews.id- Puluhan siswa SMA IT Darul Hikmah Simpang Empat, Pasaman, Sumatera Barat berhasil dievakuasi setelah terkatung-katung di laut selama satu jam.

Mereka nyaris tenggelam setelah kapal yang mereka tumpangi karam dihantam ombak di perairan antara Teluk Air Bangis dengan Pulau Panjang.

Koordinator Basarnas Pasaman, Zulfahmi mengatakan, kapal yang ditumpangi puluhan anggota pramuka dari SMA IT Darul Hikmah itu jaran diduga akibat kelebihan muatan.

"Seluruh penumpang kapal berjumlah 27 orang itu sudah dievakuasi. Dugaan sentara karena kapal itu kelebihan muatan sehingga tenggelam," katanya, Minggu (1/9/2019).

Dia menjelaskan, peristiwa nahas itu terjadi sekitar pukul 14.40 WIB di tengah laut antara Pulau Panjang dengan Teluk Air Bangis.

"Rombongan ini hendak pulang ke Pasaman," ucapnya.

Dia menuturkan, rombongan anggota Pramuka itu berangkat dari Pasaman sekitar pukul 08.00 WIB, dipimpin Indra Budiman dan pembina Pramuka SMA IT Darul Hikmah, Roda Warsa.

Rombongan berjumlah 27 orang ini melaksanakan bakti sosial dalam rangka pelantikan anggota Pramuka di Pulau Panjang.

Saat itu, rombongan berangkat dari Teluk Air Bangis menuju Pulau Panjang menggunakan kapal nelayan jenis jaring udang KM Nindi GT 4 dengan Nakhoda Mariadi (36) dan ABK Mal (26).

" Rombongan pertama berjumlah 13 orang berangkat dulu dari Dermaga Air Bangis menuju Pulau Panjang," katanya.

Setelah itu, kapal kembali berangkat dengan membawa 14 orang.

"Pada pukul 14.00 WIB, rombongan kembali dari Pulau Panjang ke Teluk Air Bangis. sekitar 40 menit setelah perjalanan kapal dihantam ombak besar dan langsung terbalik," katanya.

Seluruh penumpang mengapung di dekat kapal. Selang satu jam kemudian datang dua kapal penumpang dan mengevakuasi mereka ke Dermaga Teluk Air Bangis.

" Semua penumpang selamat dan sempat diperiksa kesehatannya oleh tim medis puskesmas," ujarnya.


Editor : Kastolani Marzuki