Kapal Wisata Karam di Pulau Pandan, 9 Turis Asing Dievakuasi Basarnas

Budi Sunandar ยท Senin, 11 November 2019 - 02:04 WIB
Kapal Wisata Karam di Pulau Pandan, 9 Turis Asing Dievakuasi Basarnas

Sejumlah turis asing saat proses pemindahan untuk dievakuasi dengan KM Yudistira milik SAR Padang. (Foto: iNews/Budi Sunandar)

PADANG, iNews.idKapal wisata KM Indo Dua yang membawa sembilan turis asing mengalami kebocoran dan karam di perairan Pulau Pandan, Kota Padang, Minggu (10/11/2019). Basarnas yang mendapat informasi langsung mengerahkan tim dan mengevakuasi para korban.

Informasi yang dirangkum iNews, kapal wisata ini awalnya bertolak dari Pelabuhan Bungus Teluk Kabung Kota Padang menuju Kepulauan Mentawai pukul 06.00 WIB. Namun kapal mereka dihantam badai hingga menyebabkan kebocoran.

Kepala Ops SAR Padang Asnedi mengatakan, setelah mendapat informasi, sebanyak 20 personel dari regu pencari, penyelamat dan tim medis dikerahkan. Hingga akhirnya tim pencarian menemukan KM Indo Dua terdampar di sebuah pulau tak berpenghuni dalam posisi miring.

“Kami mendapat informasi dan langsung mengerahkan tim untuk pencarian. Saat ditemukan, seluruh penumpang dan ABK kapal dalam kondisi baik,” ujar Asnaeni, Minggu (10/11/2019).

Seluruhnya dievakuasi menggunakan kapal milik Basarnas KM Yudistira. Mereka yakni terdiri atas sembilan turis asing asal Brazil dan Australia, serta tujuh anak buah kapal (ABK). Sebelum dievakuasi, kapal ini sempat terombang ambing di laut selama delapan jam.


Editor : Donald Karouw