Kisah Bripka Albert, Polisi Pengajar Bahasa Inggris Siswa SD di Desa

Budi Sunandar ยท Sabtu, 24 November 2018 - 10:11 WIB
Kisah Bripka Albert, Polisi Pengajar Bahasa Inggris Siswa SD di Desa

Bripka Albert saat mengajar di SDN 14 Limau Manis, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumbar. (Foto: iNews/Budi Sunandar)

PADANG, iNews.id – Termotivasi memajukan pendidikan, seorang anggota polisi yang bertugas di Polsek Dauh, terpanggil untuk mengajar anak-anak sekolah dasar (SD) di daerah pedesaan. Adalah Bripka Albert, yang sejak tiga tahun terakhir mengajar di tiga SD di daerah Kampung Limau Manis, Kecamatan Pauh, Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

Anggota Bhabinkamtibmas meluangkan waktunya menjadi tenaga pengajar bahasa Inggris secara sukarela dan tanpa pamrih. Bukan tanpa alasan, sekolah tingkat SD di daerah tersebut belum ada sama sekali pelajaran bahasa Inggris karena tak adanya pengajar.

“Saya mengajar di hari Sabtu pada jadwal pengembangan diri sehingga tidak menganggu jadwal pelajaran rutin di kelas,” ujar Bripka Albert, Sabtu (24/11/2018).


iNews berkesempatan ikut dengan Bripka Albert saat mengajar di SDN 14 Limau Manis, Kecamatan Pauh. Kedatangannya langsung disambut hangat para siswa dan tenaga guru lainnya.

Dalam pengajarannya, Bripka Albert memberikan pemahaman dasar berbahasa Inggris. Tak jarang dia membawa hadiah alat tulis ataupun buku bagi siswa yang berani tampil dan menjawab pertanyaan. Hal itu untuk memacu motivasi dan kepercayaan siswa.

BACA JUGA: Polri Siapkan Penghargaan untuk Polisi Korban Penyerangan di Lamongan

“Saya ingin memberi pengetahuan dasar bagi siswa. Oh seperti ini bahasa Inggris. Jadi ketika mereka lanjut ke jenjang SMP nanti sudah terbiasa. Ini sekaligus untuk meningkatkan daya saing siswa SD di daerah pedesaan dengan di perkotaan yang mendapat materi bahasa Inggris,” katanya.

Kepala Sekolah SDN 14 Padang Nur Aida menuturkan, sosok Bripka Albert telah menjadi polisi yang inspiratif bagi para siswa-siswinya. Dia menunjukkan kepeduliannya akan kualitas pendidikan, apalagi di daerah itu belum ada pelajaran bahasa Inggris bagi siswa SD.

“Sudah tiga tahun terakhir beliau menjadi pengajar. Kami bersyukur sekali Alhamdulillah ada sosok seperti Bripka Albert,” ucapnya.


Editor : Donald Karouw