MNC Group Juga Gelar Literasi Zaman Now di Universitas Dharma Andalas

Rus Akbar ยท Senin, 22 Oktober 2018 - 17:26 WIB
MNC Group Juga Gelar Literasi Zaman Now di Universitas Dharma Andalas

Kepala Biro iNews TV Padang Agung Sulistyo saat menyampaikan literasi media keapda mahasiswa Universitas Dharma Andalas Padang, Sumbar. (Foto: Okezone)

PADANG, iNews.id – Ratusan mahasiswa di Universitas Dharma Andalas Padang, Sumatera Barat (Sumbar), mengikuti acara Literasi Media dan Keuangan bertema “Literasi Zaman Now untuk Generasi Milenial” yang diadakan oleh MNC Group. Dalam acara ini, mahasiswa mendapat pengetahuan tentang cara berinvestasi serta berkomunikasi dengan baik di era gadget.

Kepala Biro iNews TV Padang Agung Sulistyo menjelaskan, acara ini menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-29 MNC Group. Kegiatan literasi media dan keuangan digelar serentak di kampus-kampus di seluruh Indonesia. Materi-materi yang diberikan sesuai dengan zaman sekarang.

“Kalau materi jurnalistiknya lebih kepada yang menggunakan gadget yang memanfaatkan teknologi zaman sekarang. Kita memberi pemahaman kepada mahasiswa bahwa gadget tidak hanya untuk bersenang-senang saja, tetapi juga bisa menghasilkan karya. Misalnya karya jurnalistik maupun karya-karya yang menghasilkan uang,” kata Agung, Senin (22/10/2018).

Melalui kegiatan literasi media, mahasiwa bisa mengetahui bahwa gadget bisa dimanfaatkan untuk hal-hal positif daripada negatif. Karena itu, mahasiswa perlu didorong untuk memanfaatkan gadget dengan baik dan maksimal.

“Respons mahasiswa cukup antusias mengikuti kegiatan. Di sini, kami memberikan pemaparan-pemaparan dan materi yang lebih gampang diterima mahasiswa serta tidak berbelit-belit. Nara sumber juga berkompeten untuk menyampaikan literasi media dan juga literasi keuangan,” paparnya.

Pembina di Universitas Dharma Andalas Febri Rahadi menjelaskan, acara literasi media dan keuangan dinilai sangat penting. Literasi ini menjadi hal baru yang sesuai dengan kebutuhan zaman saat ini atau generasi milenial.

“Ini untuk menambah literasi yang sudah ada seperti literasi baca tulis. Acara ini merupakan literasi tambahan dan pasti sangat berguna bagi mahasiswa,” katanya.

Salah satu mahasiswa yang ikut acara tersebut, Rahel menuturkan, dengan mengikuti kegiatan Literasi Media dan Keuangan yang digelar MNC Group, dia bisa mempersiapkan diri untuk berinvestasi demi masa depan. “Ke depannya, setelah bekerja, kami akan berinvestasi seperti yang disampaikan dalam acara ini. Kami sudah mendapat pengetahuan langkah awal unuk berinvestasi,” tuturnya.

Rahel menambahkan, dia dan tema-temannya juga mengetahui pentingnya literasi media. Salah satunya untuk menangkal hoax atau berita-berita bohong yang banyak ditemukan di media sosial. “Harapan kami sebagai kaum milenial, kami bisa lebih tahu mana yang lebih baik dan buruk. Sekarang ini banyak hoax. Kami harus bisa memilah mana berita yang benar, mana yang hoax,” katanya.


Editor : Maria Christina