Pemprov Sumbar Siagakan 490 Petugas Kesehatan selama Lebaran

Antara ยท Jumat, 24 Mei 2019 - 17:45 WIB
Pemprov Sumbar Siagakan 490 Petugas Kesehatan selama Lebaran

Pemeriksaan kesehatan kepada masyarakat. (Foto: Dok iNews).

PADANG, iNews.id - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menyiagakan 490 petugas kesehatan di posko kesehatan, rumah sakit dan puskesmas. Mereka setiap harinya diminta berjaga terhitung H-7 hingga H+7 lebaran.

"Kita berkoordinasi dengan dinas kesehatan kabupaten/kota untuk mengantisipasi lonjakan pemudik tahun ini. Total ada 490 petugas yang siaga setiap hari," kata Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Provinsi Sumbar, Busril di Kota Padang, Jumat (24/5/2019).

Untuk posko kesehatan, kata dia, ada sebanyak 89 unit tersebar di titik strategis sepanjang jalur mudik. Posko itu sebagian akan bergabung dengan satuan tugas lain seperti kepolisian dan instansi terkait.

Sementara itu, untuk puskesmas diterapkan sistem piket petugas, sehingga bisa buka selama arus mudik dan arus balik. Puskesmas tersebut bisa memberikan pelayanan cepat bagi pemudik yang mendapat masalah kesehatan.

BACA JUGA: Organda DIY Siapkan Ratusan Bus Wisata Layani Arus Mudik

"Kita berharap petugas di lapangan bisa memberikan kenyamanan pada pemudik di Sumbar," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, Merry Yuliesday, mengimbau pemudik yang tengah berpuasa dan melakukan perjalanan, harus memastikan kondisi kebugaran tubuhnya. Selain itu, tidak memaksakan diri ketika lelah dan memperbanyak konsumsi air putih.

"Lakukan peregangan atau relaksasi tubuh pada saat beristirahat untuk mengurangi kelelahan. Gunakan waktu untuk buang air kecil, karena jika lama menahan bisa mengakibatkan infeksi saluran kencing," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal