Polres Padang Pariaman Bentuk Komunitas Korban Kecelakaan Lalu Lintas

Eka Guspriadi ยท Selasa, 16 Oktober 2018 - 19:12 WIB
Polres Padang Pariaman Bentuk Komunitas Korban Kecelakaan Lalu Lintas

Pawai teatrikal saat deklarasi komunitas korban kecelakaan lalu lintas yang digagas Polres Padang Pariaman. (Foto: iNews/Eka Guspriadi)

PADANG PARIAMAN, iNews.id – Polres Padang Pariaman membentuk komunitas korban kecelakaan lalu lintas. Acara pembentukan komunitas ini berlangsung unik dan menarik perhatian masyarakat karena digelar secara outdoor dengan melangsungkan pawai teatrikal di jalan lintas Padang-Bukittinggi, Lubuk Alung, Sumatera Barat (Sunbar), Selasa (16/10/2018).

Kapolres Padang Pariaman AKBP Rizki Nugroho mengatakan, deklarasi komunitas korban kecelakaan lalu lintas ini sebagai langkah kepolisian untuk menekan angka kecelakaan. Selain itu juga bentuk keprihatinan bagi mereka yang menjadi korban kecelakaan.

“Kami berinisiatif membentuk komunitas ini untuk terus menyosialisasikan ke masyarakat pentingnya keamanan dan keselamatan berkendara. Dan temntu saja untuk menurunkan angka kecelakaan,” kata Rizki, seusai pawai deklarasi.


Kasat Lantas Polres Padang Pariaman Iptu Yuliadi menambahkan, berdasarkan data yang dirangkum sejak 1 Januari hingga 15 Oktober 2018. Di wilayah Polres Padang Pariaman telah terjadi 227 kasus kecelakaan. Dalam kejadian itu, 40 korban meninggal, satu luka berat dan 398 luka ringan.

“Kecelakaan juga menimbulkan kerugian materil hingga Rp357 juta. Tujuan dari komunitas ini untuk terus menekan angka kecelakaan,” ujarnya.

Pantauan iNews, pawai ini melibatkan puluhan orang yang terdiri atas korban kecelakaan dan beberapa komunitas sepeda motor. Mereka mengenakan kostum dengan bekas luka di kepala, patah tangan maupun kakim serta membawa keranda mayat yang bertuliskan korban laka lantas. Hal ini ditunjukkan untuk meningkat kesadaran pengguna kendaraan arti pentingnya keselamatan berkendara.

Bukan tanpa alasan, wilayah hukum Polres Padang Pariaman termasuk daerah yang rawan terhadap kecelakaan. Hal itu karena akses jalan dilalui dua Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), Padang Bukitinggi dan Padang-Lubuk Basung, Agam.

Selama perjalanan dalam pawai tersebut, petugas Satlantas Polres Padang Pariaman mengajak penguna jalan untuk memakai kelengkapan kendaraan dan mematuhi peraturan lalu lintas. Krena kecelakaan itu, kerap diawali dengan pelanggaran berlalu lintas.


Editor : Donald Karouw