Tekan Kecelakaan Pelajar, Polres Tanah Datar Sediakan Bus Sekolah

Antara ยท Minggu, 03 Februari 2019 - 15:20 WIB
Tekan Kecelakaan Pelajar, Polres Tanah Datar Sediakan Bus Sekolah

Ilustrasi bus sekolah. (Foto: Istimewa)

TANAH DATAR, iNews.id - Polres Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar), menyediakan tiga unit bus kepolisian untuk mengantar siswa ke sekolah. Ini dilakukan untuk menekan kecelakaan lalu lintas di kalangan pelajar.

Kapolres Tanah Datar, AKBP Bayuaji Yudha Prajas, menyebut ada tiga kendaraan milik Polres Tanah Datar yang digunakan sebagai bus sekolah, yakni satu bus dan dua truk.

"Situasi jalan di sini sempit, jadi banyak pelajar menggunakan kendaraan bermotor. Belum lagi minimnya transportasi sehingga kami membuat inovasi bus sekolah untuk mengantar mereka," kata Bayuaji di Mapolres Tanah Datar, Sumbar, Minggu (3/2/2019).

Bus sekolah itu beroperasi setiap Senin sampai Sabtu. Mulai dari pukul 06.30 - 07.30 WIB dengan melayani tiga rute, yakni Simpang Manunggal menuju Lapangan Gumarang, Sungai Tarab menuju Lapangan Gumarang dan Gurun menuju Lapangan Gumarang.

Kepolisian juga sudah berkoordinasi dengan organisasi angkutan darat (organda) atas rute-rute tersebut. Menurut dia, memang dipilih rute ini karena belum dilalui kendaraan umum.

"Bus sekolah ini gratis dengan menggunakan anggaran patroli, pengemudi dari anggota Lantas, dan kernet dari anggota Binmas," ujar dia.

Para anggota Polres Tanah Datar yang bertugas di bus sekolah ini juga mengimbau pentingnya kesadaran berlalu lintas. Selain itu, mereka juga memberikan arahan soal bahaya serta ancaman narkoba.

Program bus sekolah ini terbilang sukses. Karena sejak beroperasi pada 2017 lalu, angka kecelakaan lalu lintas di kalangan pelajar menurun. Sebelumnya 19 anak atau pelajar di 2016 menjadi tujuh kecelakaan di 2017. Dan, nihil atau nol di 2018 kemarin.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal