Terjaring Razia, PKL di Bukittinggi Pukul Petugas Pakai Panci Besi

Wahyu Sikumbang ยท Senin, 04 Februari 2019 - 14:23 WIB
Terjaring Razia, PKL di Bukittinggi Pukul Petugas Pakai Panci Besi

Tim SK4 mengamankan seorang pedagang yang diduga menjadi provokator. (Foto: iNews/Wahyu Sikumbang).

BUKITTINGGI, iNews.id - Tim Satuan Kerja Ketertiban dan Keamanan Kota (SK4) Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) mengamankan seorang pedagang kaki lima yang diduga melawan petugas saat dirazia.

Penertiban di depan Masjid Agung Tangah Sawah, kawasan Pasar Bawah, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan ini memang berlangsung ricuh. Karena, para pedagang tidak terima ditertibkan, bahkan memukul anggota SK4 dengan peralatan dapur.

Pedagang yang diamankan berinisial AH (43), diduga sebagai provokasi kericuhan di sana. Dia berhasil memicu kemarahan pedagang lain ketika dirinya melawan petugas. Dia pun langsung diamankan, dan diangkut ke dalam truk Satpol PP Kota Bukittinggi.

BACA JUGA: Penertiban PKL Biang Macet di Deliserdang Berakhir Ricuh

Kasi Ops Dinas Satpol PP Bukittinggi, Dodi Adresia, menyebutkan penertiban pedagang awalnya berjalan aman dan lancar. Namun AH, salah seorang pedagang yang mengaku hanya ikut-ikutan menggelar lapak di badan jalan tak terima ditertibkan terlebih dahulu.

"Sekarang kami serahkan ke polisi," kata Dodi di Mapolres Bukittinggi, Sumbar, Senin (4/2/2019).

Menurut dia, bukan cuma AH, ada banyak pedagang yang disebut berusaha melawan petugas. Namun, memang hanya satu orang yang dianggap telah memenuhi unsur-unsur pidana, bahkan petugas dipukul dengan panci besi kemudian ditendang.

BACA JUGA: Penertiban PKL Tanah Abang Ricuh, 3 Orang Diduga Provokator Diamankan

"Anggota kita dipukul dengan panci besi, lalu ditendang dan dipukul juga pakai tangan. Karena itu, kami langsung laporkan ke Polres Bukittinggi," ujar dia.

Sebelumnya, tim SK4 yang terdiri dari jajaran Satpol PP, Polisi, TNI dan Dishub menggelar razia rutin dengan sasaran gepeng (gelandangan dan pengemis), pedagang kaki lima (PKL) di tempat terlarang.

Para PKL yang menjajakan barang dagangan di depan Masjid Agung Tangah Sawah, kawasan Pasar Bawah, terpaksa terjaring razia petugas. Karena ruas jalan di sana yang sempit, serta padatnya lalu lintas, sehingga kerap menimbulkan kemacetan.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal