Truk Pengangkut Sawit Terbalik di Sungai, Pengemudi Kritis

Budi Sunandar ยท Minggu, 03 Februari 2019 - 14:41 WIB
Truk Pengangkut Sawit Terbalik di Sungai, Pengemudi Kritis

Truk terbalik di sungai di Kabupaten Dhamasraya. (Foto: Istimewa).

DHAMASRAYA, iNews.id - Sebuah truk yang melintasi sungai di jembatan darurat, Kabupaten Dhamasraya, Sumatera Barat (Sumbar), terbalik. Pengemudi yang terjebak di dalam kendaraan tersebut kritis.

Detik-detiknya truk bermuatan sawit itu pun sempat tersebar di kalangan masyarakat sekitar. Pengemudi nekat melintas meski jembatan darurat tersebut sudah diterjang banjir.

"Saya sudah bilang tidak bisa lewat, tapi tetap masuk juga. Padahal sudah mau ambruk, tetap memaksakan diri," kata seorang warga yang juga saksi mata di sana, Subanto, Minggu (3/2/2019).

BACA JUGA: Kelebihan Muatan, Truk Pengangkut Batu Bara Terjun ke Sungai di Jambi

Truk tersebut terperosok ke dalam sungai di kawasan Sopan Jaya, Kecamatan Padang Lawas, Kabupaten Dhamasraya. Saat peristiwa tersebut, aliran air sedang deras-derasnya akibat luapan Sungai Batang Timpah.

Evakuasi korban sempat berlangsung dramatis. Warga di sana pun berhamburan membantu pengemudi yang terjebak di dalam truk, setelah 30 menit barulah berhasil dikeluarkan dari kendaraan dalam kondisi kritis.

Menurut Subanto, jembatan darurat ini memang akses paling cepat menuju pabrik, di mana menjadi tujuan truk tersebut. Namun dalam kondisi seperti ini, kata dia, sangat berbahaya dilalui kendaraan, apalagi truk.

BACA JUGA: Sopir Mengantuk, Truk Tronton Tabrak Bus dan Toko Helm di Banjarnegara

"Ini memang jalan paling cepat menuju pabrik. Tapi truk itu bawa muatan besar, kira-kira delapan ton sawit," ujar dia.

Korban langsung dilarikan ke RSUD Sungai Dareh, Kabupaten Dhamasraya. Kini alat berat sudah diturunkan untuk evakuasi mobil pengangkut sawit di sungai itu.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal