Warga Bikin Jebakan, Pencuri Kotak Amal di Musala Tertangkap

Wahyu Sikumbang ยท Minggu, 03 Maret 2019 - 08:08 WIB
Warga Bikin Jebakan, Pencuri Kotak Amal di Musala Tertangkap

Pelaku pencurian kotak amal musala di Bukittinggi. (Foto: iNews/Wahyu Sikumbang)

BUKITTINGGI, iNews.id - Warga di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) berhasil menangkap seorang pencuri kotak amal musala. Pelaku masuk ke dalam jebakan warga yang sengaja tidak mengunci pintu musala.

Pelaku, Afrizal Tanjung (45), beraksi di Musala Darul Muttaqin, Kelurahan Belakang Balok, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh. Saat tertangkap, dia membawa tas selempang berisi uang ratusan ribu yang diduga diambil dari kotak amal.

"Aksi pencurian kotak amal memang sedang marak. Ada pengurus musala yang sengaja tidak mengunci pintu dan pagar untuk menangkap pelakunya," kata seorang warga, Imelda Mustika, Sabtu (2/3/2019).

BACA JUGA: Bongkar Kotak Amal Masjid, Pencuri Rampas Jutaan Rupiah

Menurut dia, jebakan kali ini ternyata berhasil. Sekitar setengah jam selesai salat ashar, saat semua jemaah pulang, pengurus musala melihat ada seorang pelaku masuk ke dalam dengan gerak-gerik mencurigakan.

Sekitar 20 menit di dalam musala, pelaku langsung tampak bergegas keluar dan pergi meninggalkan musala dengan sepeda motornya. Pengurus musala yang curiga langsung masuk dan mendapati kotak amal sudah rusak.

"Uang di dalamnya juga hilang. Pengurus bernama Bari ini memanggil warga dan ramai-ramai mengejar pelaku," ujar dia.

BACA JUGA: Maling Kotak Amal Masjid, Pemuda di Palembang Bonyok Dihajar Massa

Warga berhasil mengamankan pelaku di depan Kantor Pos Pengamatan Gunung Marapi. Pelaku pun digiring kembali ke musala dan menggeledah tersangka. Uang senilai Rp350.000 dari tangan tersangka diamankan warga.

Mereka kemudian melaporkan kasus ini ke polisi. Saat dicek petugas, pencuri kotak amal ini membawa obeng di pinggangnya, dan alat ini diduga untuk membongkar kotak amal di musala atau masjid yang jadi targetnya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal