1 Unit Heli Waterbombing Didatangkan ke Palembang Bantu Atasi Karhutla

Bambang Irawan ยท Senin, 28 Oktober 2019 - 12:29 WIB
1 Unit Heli Waterbombing Didatangkan ke Palembang Bantu Atasi Karhutla

Heli waterbombing saat berusaha memadamkan api dari udara. (Foto: iNews.id/Bambang Irawan).

PALEMBANG, iNews.id – Sebuah heli waterboombing tambahan dikerahkan untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Palembang, Sumatrera Selatan (Sumsel). Dengan upaya ini, diharapkan pemadaman karhutla dari jalur udara semakin efektif.

Badan Nasional Penggulangan Bencana (BNPB) menyetujui permintaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel untuk menambah satu buah heli waterboombing. Heli tersebut didapat dengan menariknya dari daerah lain yang kondisi karhutlanya sudah kondusif.

“Penambahan satu lagi heli waterbombing sudah disetujui BNPB,” kata Kepala BPBD Sumsel, Iriansyah.

Dengan satu tambahan ini, maka total heli waterboombing yang dioperasikan di Palembang mencapai sembilan unit. Selain itu masih ada satu unit Pesawat Hercules untuk teknik modifikasi cuaca atau hujan buatan.

BACA JUGA: Video Kabut Asap Pekat Kembali Melanda Palembang, Indeks Pencemaran di Level Berbahaya

Iriansyah menambahkan, BPBD Sumsel juga sudah menambah seribu personel ke Kabupaten Ogan Komering Ilir untuk membantu memadamkan kebakaran. Totalnya saat ini mencapai 14 ribu personel.

“Upaya ini diharapkan dapat efektif sehingga batas waktu status siaga darurat kabut asap 10 November bisa tercapai,” katanya.

Sudah beberapa bulan warga Palembang terpapar kabut asap imbas kebakaran lahan dan hutan di Sumatera Selatan. Data indeks standar pencemaran udara dari Dinas Lingkungan Hidup setempat juga menunjukkan kualitas udara berada di level tidak sehat.

Berbagai upaya pemadaman memang belum tuntas. Data BPBD menyebutkan luasan terbakar mencapai 174.528 hektare. Selain itu ada 13 titik panas yang terpantau, dimana titik terbanyak terdapat di Kabupaten Ogan Komering Ilir yang mencapai sembilan buah.


Editor : Umaya Khusniah