17 Tahun Buron Kasus Korupsi, Mantan Camat di Sumsel Ditangkap

Antara ยท Rabu, 14 November 2018 - 20:46 WIB
17 Tahun Buron Kasus Korupsi, Mantan Camat di Sumsel Ditangkap

Ilustrasi korupsi. (Foto: Okezone)

BATURAJA, iNews.id – Mantan camat Muaradua, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan (Sumsel), ditangkap setelah menjadi buronan selama 17 tahun. Kejaksaan Negeri (Kejari) Ogan Komering Ulu (OKU) mengamankan terpidana kasus korupsi berinisial SM itu dari rumahnya.

“Kami berhasil mengamankan SM kemarin (Selasa, 13/11/2018) sekitar pukul 16.30 WIB di rumahnya di Jalan Taqwa, Sungai Selincah, Kecamatan Kalidoni, Palembang,” kata Kasi Intelijen Kejari OKU, Abu Nawas di Baturaja, Rabu (14/11/2018).

Abu Nawas didampingi Kasi Pidsus, Rionov Oktana Sembiring, mengatakan, terduga kasus korupsi pemotongan dana Jaringan Pengaman Sosial (JPS) tahun 1998 itu berhasil ditangkap dan dijebloskan ke penjara oleh tim dari kejaksaan setempat.

BACA JUGA:

Cegah Korupsi Dana Desa, Mendagri Usulkan Dana Operasional Kades

Korupsi APBD Rp2,4 Miliar, 2 Mantan Pejabat DPRD Purwakarta Ditahan

SM sudah divonis delapan bulan penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Baturaja pada 2001 silam karena ulahnya memotong dana JPS saat menjabat sebagai camat Muaradua Kisam Kabupaten OKU Selatan. Namun, yang bersangkutan setelah dijatuhi vonis justru melarikan diri. “Saat itu kecamatan tersebut masih tergabung dalam wilayah Kabupaten OKU,” katanya.

Abu Nawas memaparkan, sat itu, desa di lingkungan Kecamatan Muaradua Kisam mendapatkan dana JPS berjumlah Rp10 juta per desa. Namun, SM memotong sebesar Rp300.000 hingga Rp600.000 per desa.

Karena terbukti melakukan pemotongan dana JPS, SM dijatuhi hukuman delapan bulan penjara oleh hakim. Yang bersangkutan sempat mengajukan grasi, tapi ditolak oleh Presiden hingga akhirnya melarikan diri. “Kami sudah lama mengintai SM dan akhirnya berhasil ditangkap tanpa perlawanan,” ujarnya.


Editor : Maria Christina