18 Tahanan Polresta Palembang Masih Buron, 12 Orang Sudah Ditangkap

Muhammad David ยท Rabu, 08 Mei 2019 - 02:10 WIB
18 Tahanan Polresta Palembang Masih Buron, 12 Orang Sudah Ditangkap

Belasan tahanan narkoba Polresta Palembang, Sumsel masih buron. (Foto: ilustrasi)

PALEMBANG, iNews.id – Sebanyak 18 tahanan narkoba dinyatakan buron setelah melarikan diri dari sel Mapolresta Palembang pada Minggu (6/5/2019). Mereka berhasil kabur dengan cara membobol ventilasi.

Sedangkan 12 tahanan lainnya yang sempat kabur berhasil ditangkap kembali petugas Satnarkoba dan Satreskrim.

Kapolresta Palembang  Kombes Pol Didi Hamayansyah mengatakan, belsaan tahanan yang masih kabur diminta untuk menyerahkan diri sebelum anggotanya melakukan tindakan tegas dan terukur.

“Kami mengimbau kepada para tahanan yang masih kabur agar segera menyerahkan diri,” katanya, Selasa (7/5/2019).

BACA JUGA: 8 Tahanan Kabur Polresta Palembang Ditangkap, 22 Masih Diburu

Dia menjelaskan, seluruh tahanan sejumlah 30 orang kabur melarikan diri melalui ventilasi udara. Mereka menggunakan gergaji untuk memotong terali besi. Sementara oknum yang memberikan gergaji ke tahanan telah ditangkap anggotanya. Pelaku merupakan salah satu istri tahanan.

"Dari delapan ini, ada satu yang bernama Fahmi. Dia merupakan otak kedua dari kaburnya 30 orang tahanan. Sementara otak pelaku utama, Iwan alias Ogek masih terus dilakukan pengejaran,” katanya.

Dia mengatakan, hingga saat ini ada 18 tahanan yang masih kabur. Sedangkan 12 tahanan lainnya berhasil ditangkap. Dari 12 tahanan tersebut, satu di antaranya adalah suami dari ibu rumah tangga yang ikut membantu memberikan gergaji kepada tahanan tersebut.

Puluhan tahanan tersebut diketahui kabur pada Minggu dini hari saat keadaan di Polresta Palembang sepi. Mereka melarikan diri melalui ventilasi udara rumah tahanan.


Editor : Kastolani Marzuki